Tuesday, 11 May 2010

SOSOK PELETAK PONDASI DEPARTEMEN AGAMA KH ABDUL WAHID HASYIM

Abdul Wahid Hasyim adalah salah satu dari tokoh yang menonjol dikalangan NU "Nahdlatul Ulama". Ketokohannya tidak hanya di kalangan Nahdlatul Ulama saja akan tetapi juga diluar. Ada banyak faktor apa yang menyebabkan ia begitu terkenal yaitu selain ia putra KH Hasyim Asy'ari.ia juga juga gemar membaca.maka tidak lah salah jika kita melihat seorang Abdurrahman Wahid menjadi seorang yang gemar membaca mungkin ini juga faktor seorang Abdurraman Wahid jadi seorang Kutubuku. Abdul Wahid Hasyim adalah bapak dari Presiden RI yang Ke 4.akembali kepada bahasan seorang Abdul Wahid Hasyim berkat kecerdasan serta kegemarannya membaca itu ia mempunyai pemikiran yang lebih maju dibanding tokoh-tokoh NU pada masa itu. ia mampu mengikuti perkembangan yang terjadi sehingga dapat " duduk sejajar" dengan tokoh-tokoh nasional yang belajar di bangku sekolah modern.

Bagi kalangan Nahdlatul Ulama, peran Abdul Wahid Hasyim sudah tidak diragukan lagi. akan tetapi jika kita mencermati perannya dikalangan Nahdlatul Ulama itu mungkin banyak yang sudah tahu akan sepak terjang beliau.

beberapa hal yang perlu kita ketahui akan sepak terjang beliau diluar Nahdlatul Ulama' yaitu ketika zaman penjajahan jepang ketika itu beliau mampu memobilisasi para Kiai sehingga para kiai teralibat dalam kegiatan-kegiatan Politik-suatu hal yang tidak pernah terjadi dalam masa penjajahan belanda.

selain itu peranannya pada awal kemerdekaan dimana ia turut menyelamatkan persatuan bangsa dan juga ketika ia berhasil membangun dan mengembangkan kementrian Agama (sekarang Departemen Agama) sehingga dapat menjadi kementerian yang sejajar dengan kementerian lainnya.

ditulis dari buku bacaan sejarah tokoh bangsa oleh saiful umam
Reactions:

0 comments:

Post a Comment