Saturday, 27 March 2010

MEMAHAMI ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) DENGAN PIAGAM MADINAH

ketika yang lainnya membanggakan apa yang mereka miliki dan apa memang bisa di banggakan malahan giliran umat islam yang mayoritas orang-orang yang berlatar belakang dari kaum bawah, lemah, serta para budak merdeka. apa yang akan mereka banggakan waktu itu dan mungkin kita sadar jika islam memang tak pernah mengajarkan sebuah kebanggaan ataupun bisa juga dikatakan Riya' serta membanggakan diri.Mugkin cukuplah ulasan pertama pada postingan ku untuk mengawali judul postingan aku
"Inilah Piagam Tertulis dari Nabi Muhammad SAW di kalangan Orang-orang yang beriman dan memeluk Islam (yang berasal) dari Quraisy dan Yatsrib, dan orang-orang yang mengikuti mereka, mempersatukan diri dan berjuang bersama mereka."inilah mukaddimah dari isi piagam madinah yang mana, dari paparan isi mukaddimah terdapat suatu pemahaman sebuah persatuan, solidaritas, kekeluargaan, perjuangan, dan masih banyak lagi tak cukuplah jika dijabarkan arti yang terkandung didalam sebuah mukaddimah ini.
 segala puji hanya kepada Yang Maha Segalanya, Sholawat dan salam terhatur kepada rosul Muhammad tanpa mengurangi ta'dzim kuhaturkan kepada beliau Abdurrahman Wahid (Gus Dur).abdurrahman wahid adalah sosok seorang pribadi unik yang dimiliki negeri ini yang senantiasa terkenal dengan pluralismenya ternyata mengandung sebuah pertayaan pada diriku mengapa gus dur mengamalkan hal yang seperti ini?
Tak heran jika banyak orang menyebut seperti itu karena kharismanya dimata semua golongan tanpa membeda-bedakan entah kulit, agama, golongan /kaum,serta ras. dan itu memng benar-benar terbukti pada sikap Abdurran Wahid yng selama masa hidupnya hingga belau meninggal da sesudahnya. salah satu contoh ketika beliau membela kepercayaan dan mengangkat citra konghucu dinegeri ini atau bahkan beliau yang akrab mengenalkan kiai ndeso yang kalah itu hampir tersisihkan. inilah a ekelumit pemahaman yang menjadi dasar mengapa piagam madinahhttp://wikisource.org/wiki/Piagam_Madinahhttp://i50.tinypic.com/28tuibr.jpghttp://i50.tinypic.com/28tuibr.jpg teramalkan dinegeri kita Indonesia.

Nb: sekian dulu mugkin nantinya bis akita kembangkan lagi opini ini
Reactions:

0 comments:

Post a Comment