Loading
Rabu, 07 April 2010

dari kata diatas terdapat beberapa definisi yang tergabung dalam suatu kalimat yang mana dari kata-kata diatas dapat diambil suatu pengertian yang sangatlah berarti bagi kita semua generasi bangsa yang saat ini hampir hilang dibenak para generasi bangsa serta masyarakat negeri ini semua. tidak hanya itu pendidikan moral pancasila sangatlah perlu untuk diamalkan serta dihayati.Pendidikan Moral Pancasila yang saat ini hampir terlupakan oleh kita semua, mungkin itu yang mendasari apa yang saat ini terjadi dinegeri Indonesia ini, korupsi, kekerasan, perkosaan,pelanggaran ham serta yang lainnya yang sekiranya itu sama artinya dengan itu. dan yang jelas pendidikan serta moral sangatlah penting bagi kita semua, bahkan pancasila sendiri yang menjadi dasar negara kita bukti pengamalan dan penghayatan seperti apakah yang dapat dilakukan untuk saat ini.

dari kalimat diatas tiga kata yang mempunyai arti yang sangat-sangat berarti bagi kita semua warga Negara Indonesia yang mana dapat dijelaskan dari satu persatu makna dari Pendidikan Moral Pancasila

Pendidikan ketika didefinisikan dalam bahasa awam adalah suatu cara untuk mengembangkan ketrampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi warga negara yang baik yang mana hal ini bertujuan untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi seseorang.

pendidikan menurut UU sisdiknas o.2 thun 1989 "pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingna, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang"

pendidikan menurut uu sisdiknas no.20 tahun 2003 "pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengenalan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan mesyarakat.

sedangkan Moral dalam bahasa latin berasal dari kata moralitas suatu tindakan yang dilakukan oleh manusia yang bernilai positif. dalam hal ini tterlepas dari diri kita dan orang lain. hal iinilah bisa dikatakan jika seseorang melakukan hal yang bermanfaat maka ia mempunyai moral akan tetapi jika ia bertindak sebaliknya maka ia bisa dikatakan orang Amoral.

pancasila adalah suatu dasar negara Indonesia dengan artian pancasila yang terdiri dari 2 kata dalam bahasa sansekerta yaitu panca yang mempunyai artian Lima sedangan sila adalah prinsip atau bisa juga dimaknai asas. pancasila aadalah dasar negara indonesia yang mana lima dasar ini yang menjadi sebuah aturan bangsa indonesia dalam berbangsa dan juga bernegara. yang mana lima dasar itu adalah
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusian Yang adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia

dari semua papran diatas dapatlah diambil sebuah pengertian yang mana pendidikan moral Pancasila adalah suatu ilmu untuk memperbaiki moral suatu bangsa yang mana dari definisi-definisi diatas artiannya memaksudkan selain sebagai bangsa yang berketuhanan, bangsa yang beradab bermoral, serta terciptanya suasana negeri yang adil

1 komentar: