Saturday, 17 April 2010

KUMPULAN KETERANGAN HADIST NABI BETAPA PENTINGNYA SEBUAH PENDIDIKAN(Alim) dan derajat Alim

kita tahu bahwasannya kita adalah seseorang yang beragama, dari sinilah kita memahami bahwasannya dengan beragama itu kita akan dapa t memahami segala apa yang harus dilakukan oleh seorang yang selayaknya beragama adalah belajar aturan-aturan yang ada di Agama kita. khususnya para umat islam selayaknya harus belajar dan menjadi sebuah umat yang berpendidkan.

betapa pentingnya sebuah pendidikan itu selayaknya kita para umat Islam memahami hadist-hadist yang menerangkan pentingnya sebuah pendidikan bagi kita semua dalam mengarungi bahtera kehidupan kita baik yang sekarang ini atau masa depan kita nanti.

pada postingan kali ini aku tidak menuliskan hadist-hadistnya akan tetapi arti dari hadist yang menerangkan pentingnya sebuah pendidikn bagi kita umat Muhammad SAW.

  1. Hadist Tingginya Derajat orang Alim
hadist ini diriwayatkan oleh Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.
menerangkan betapa tinggi derajatnya orang alim itu sehingga segala apa yang ada dilangit dan bumi ikut serta sibuk memohonkan ampunan untuknya.
"Memohonkan ampun kepada orang alim, sesuatu yang ada dilangit dan bumi."(HR. Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.)

2. Hadist tingginya derajat orang Alim sebagai pewaris Para Nabi
hadist ini diriwayatkan oleh Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.
menerangkan ketinggian derajat orang alim, karena tidak ada derajat hamba Allah yang melebihi derajat para Nabi, dan tidak ada kemuliaan Pewaris para Nabi.
"Orang-Orang Alim adalah Pewaris para Nabi"(HR. Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.)

3. Hadist tingginya derajat orang Alim mendekati derajat para Nabi
hadist ini diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dari hadist Ibnu Abbas
menerangkan bahwa ketinggian derajat orang Alim mendekati derajat Para Nabi
"Mannusia yang paling dekat dari derajat kenabi-an, adalah orang-orang yang berilmu dan berjihat. Adapun orang -orang yang ahli ilmu, itu dikarenakan mereka memberi petunjuk kepada masyarakat atas dasar Agama yang dibawah para rosul; sedangkan orang-orang yang berjihat, it dikarenakan mereka berjihat dengan pedang atas dasar agama yang dibawah para rosul." (HR. Abu Nu'aim dari hadist Ibnu Abbas ra.)

4. Hadist tingginya derajat para Alim lebih tinggi dari derajat para Syuhada'
hadist ini diriwayatkan oleh Abdul Barr dari hadist abu Darda ra.
" akan ditimbang dihari kiamat tinta ulama' dan darah para Syuhada'."(HR. Abdul Barr dari hadist abu Darda ra.)
Syaikh Hasan al-Basri Ra memberikan penjelasan bahwa :"setelah tinta ulama' ditimbang dengan darah para syuhada' ternyata tinta ulama'lah yang lebih berat."

dari sinilah dapat kami simpulkan betapa pentingnya sebuah pendidikan bagi kehidupan kita sebagai penerang kehidupan yang berlandaskan dengan agama serta berjuang seperti syuhada' sampai tetess darah akhir dengan berlandaskan Agama
Reactions:

0 comments:

Post a Comment