Loading
Sabtu, 17 April 2010


Penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. perhatiian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang menimbulkan suatu pertanyaan atau masalah (indriantoro & supomo,1996:16)
penelitian adalah investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu antarfenomena(kerlinger, 1986:17-18)
suatu proses sistematis dan oyektif yang meliputi pengumpulan, analisis data untuk membantu pengambilan keputusan (zikmund,2000:5)
Penelitian adalah suatu investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis mengenai suatu fenomena yang menjadi perhatian pengambilan keputusan manajerial(Davis & cosenza, 1993:9)
dari sini dapat disimpulkan bahwasannya penelitian merupakan suatu proses pengumpulan, pencatatan, dan analisis data yang sistematis untuk pengambilan kesimpulan yang objektif dalam rangka membantu dalam pembuatan keputusan-keputusan.


karakteristik penelitian
a) penelitian bersifat kritis dimana dari penelitian ini dapat mendorong suatu kepastian dan proses penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan metode untuk mendapatkan solusi
b) karakteristik penelitian bersifat logis yang mana dari penelitian merujuk pada metode dari argumentasi ilmiah.yaitu kesimpulan yang rasional diturunkan dari bukti yang ada.
c)karakteristik penelitian bersifat obyektif adalah dengan maksud mendapatkan suatu hasil yang diperoleh dari penelitian ini oleh para ilmuan yang lain akan sama apabila studi yang sama dilakukan pada kondisi yang sama. hasil penelitian dikatakan sama apabila dapat dibuktikan kebenarannya.
d) karakteristik penelitian yang bersifat konseptual dan teoritis adalah dengan maksud bahwasannya ilmu pengetahuan mengandung arti pengembangan suatu struktur konsep dan teoritis untuk menuntun dan mengarahkan upaya penelitian.
e) karakteristik penelitian yang bersifat Empiris adalah dimaksudkan agar hasil yang didapat nantinya dan pada prinsipnya berstandar pada realita yang ada.

NB:diberikan dalam mata kuliah metodologi penelitian (STMIK-BU)oleh Bpk Zulfikar

0 komentar:

Poskan Komentar