Thursday, 29 April 2010

CARA MENCEGAH VIRUS PC DAN MEDIA HARDWARE KOMPUTER SERTA MENGHAPUS SAMPAH KOMPUTER


Selain membuang sampah masih banyak yang bisa dilakukan oleh Ccleaner :
Merapikan Registry dan membuang missing shared dll yang masih tersimpan pada registry yaitu dengan cara mengklik REGISTRY lalu klik Scan For ISSUES, tunggu proses scan selesai lalu klik FIX SELECTED ISSUES,akan muncul pilhan apakah akan membackup saran saya jawab NO saja toh itu cuma sampah kok.Lalu klik FIX ALL SELECTED ISSUES lalu klik oke.Registry anda sudah jadi lebih bersih sekarang.

Mematikan StartUp Program yang tidak perlu :
Kalo yang ini harus lebih hati-hati karena Jangan sampai anda mematikan Program2 yang memang perlu running disaat-saat awal komputer menyala mis: Antivirus. Kalo fungsi mendelete startup ini adalah untuk mempercepat booting windows pada saat menyala, ada komputer yang membutuhkan waktu cukup lama pada saat menyalakan komputer,itu dikarena terlalu banyak program yang di running disaat-saat awal komputer menyala, mis program YM, MSN, Live Messengger, Skype ini adalah program2 yang selalu running pada saat kita menyalakan komputer, padahal terkadang tidak setiap saat kita menggunakannya bahkan sibuk menCLOSE program2 tersebut.Bagaimana cara MEMATIKANNYA??
Klik pada TOOLS lalu Klik STARTUP, disana akan muncul beberapa tulisan, semakin banyak isi tulisannya berarti semakin banyak program yang running di saat2 awal komputer menyala.Nah cara menghapusnya adalah klik filenya lalu klik delete maka program tersebut telah dimatikan di startup windows, namun tidak hilang dari komputer kita.

Bagi teman-teman yang kesulitan atau takut mendelete-delete file yang asing atau tidak terpakai atau takut mendelete file system, Jangan Taktu lagi karena sebenarnya ada sebuah program yang ringan tapi mempunyai kinenerja yang sangat bagus nanamnya CCleaner anda bisa mendownloadnya di sini ccLEANER pilih saja yang alternative download lalu save ke dalam hardisk.Selanjutnya Double klik untuk menginstall.Maka akan muncul shortcut baru di dalam dekstop anda, double kilk saja untuk menjalankannya.Nah disana akan terpampang pilihan-pilihan file-file mana yang akan dihapus atau dipertahankan , misalnya history bisa di unchek, jangan lupa bagi yang menggunakan browser selain IE buka Aplication dan Unchek juga historynya jika memang tidak ingin menghapus.Jika masih ragu2 anda bisa memilih analyze untuk melihat reviewnya file apa saja yang akan di delete, jika sudah yakin klik saja run cleanernya maka dengan otomatis file-file yang menjadi sampah akan terhapus secara otomatis.MUDAH BUKAN??? anda juga bisa melihat berapa besar megabyte sampah yang dihapus pd display dibagian atas setelah selesai run cleaner.


Dan bagaimana caranya agar kita dapat mencegah virus pada PC dan hardware lainnya
Pada waktu kita memasukkan flashdisk ke USB komputer kita, maka secara default windows akan langsung membuka task baru dengan fungsi Auto play.
Banyak sekali virus yang menggunakan fungsi Auto Play ini untuk menyebarkan diri mereka dan kemudian menginfeksi komputer kita.
Disini kita akan berusaha untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer kita dengan cara menonaktifkan fungsi Auto Play tersebut.

Berikut caranya :
- Klik Start –> run “gpedit.msc”
- Pilih Computer Configuration –> Administrative Templates
- Lalu Pilih System, cari file Turn Off Auto Play dan klik double
- Lalu centang pilihan enabled dan Turn Off Auto Play pilih All Drive
- Lalu klik OK, Tutup dan restart

Cara lain untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer adalah dengan cara mengaktifkan user Guest dan selalu login dengan user guest tersebut.

Karena dengan user Guest maka secara tidak langsung kita akan mematikan fungsi registry, karena Virus akan selalu manginfeksi file registry ini dan merubah value di dalamnya.
Anda juga dapat meminimalisir virus masuk ke dalam komputer dengan selalu mengupdate anti virus secara rutin.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment