Loading
Sabtu, 20 Maret 2010

Segmentasi pasar (market segmentasion) adalah proses dimana dibagi menjadi para pelanggan yang terdiri atas orang-orang dengan kebutuhan dan karakteristik yang sama yang mengarahkan mereka untuk merespon tawaran produk / jasa dan program pemasaran strategis tertentu dalam cara yang sama.
Segementasi pasar, penetapan pasar sasaran yang kuat. Ketiganya harus diputuskan dan ditetapkan dengan tepat jika perusahaan ingin berhasil dalam mengelola hubungan produk-pasar tertentu. Lebih-lebih perusahaan-perusahaan yang sukses mampu meningkatkan hubungan ini dan membuat lompatan jauh disbanding para pesaing mereka.
Manfaat segmentasi pasar :1. Segmentasi mengidentifikasi pengembangan produk baru.
2. Segmentasi membantu dalam mendesain program-program pemasaran yang paling efektif untuk mencapai kelompok-kelompok pelanggan yang homogen.
3. Segmentasi memperbaiki alokasi strategis sumber daya pemasaran pengelolaan hubungan pasar.
Segmentasi pasar, penempatan pasar sasaran, dan penentuan posisi produk.

 

Dasar-dasar Segmentasi Pasar
Segmentasi geografis. Segmentasi geografis dilakukan dengan cara membagi pasar menjadi unit-unit geografis, misalnya Negara, propinsi, kabupaten, kota, dan sebagainya.
Segmentasi demografi. Segmentasi jenis ini memisahkan pasar kedalam kelompok-kelompok yang didasarkan pada variabel demografis seperti umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, dan kebangsaan.
Segmentasi psikografis. Pada jenis segmentasi ini para konsumen dibagi dalam beberapa kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, atau berbagai cirri kepribadian.
Segmentasi perilaku. Bila perilaku digunakan sebagai variabel utama dalam segmentasi pasar maka para konsumen dibagi menjadi beberapa kelompok menurut tingkat pengetahuan, sikap, penggunaan atau tanggapannya terhadap produk terhenti.
Pasar masal. Pada pemasaran masal, penjual memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan secara masal sebuah produk kepada semua pembeli.
Pemasaran bervariasi produk. Disini penjual memproduksi dua atau lebih produk yang memperlihatkan cirri, gaya, kualitas, ukuran yang berbeda dan sebagainya.
Pemasaran sasaran. Disini penjual membedakan segmen pasar, memilih satu atau lebih segmen-segmen ini, dan mengembangkan bauran produk dan pemasaran yang disesuaikan pada tiap segmen.
Segmentasi pasar menjadi semakin penting dalam pengembangan strategi pemasaran karena beberapa alasan yaitu :
1. Pertumbuhan populasi kian menurun, dan semakin banyak produk pasar yang mencapai tahap kedewasaan.
2. Kekuatan sosial dan ekonomi mendorong meningkatnya pendapatan perseorangan, tingkat pendidikan yang lebih tinggi, dan kesadaran yang lebih banyak tentang dunia yang memproduksi pelanggan dengan kebutuhan selera, gaya hidup yang lebih bervariasi dan canggih dibanding sebelumnya.
3. Teknologi baru seperti desain yang dibantu computer lelah memungkinkan perusahaan membuat produk-produk seperti jeans dan mobil berdasarkan pesanan.

Nb : MATERI KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN

0 komentar:

Poskan Komentar