Saturday, 30 January 2010

perangkat keras

PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Fungsinya Bagi Pemrosesan Informasi Dan Perkembangan Teknologinya

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didesain khusus untuk keperluan itu.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Fungsinya Bagi Pemrosesan Informasi Dan Perkembangan Teknologinya

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didesain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Dengan melihat betapa pentingnya peranan computer ini, perlu bagi kita untuk mengetahui gambaran umum dan komponen dasar computer (hardware), perkembangan hardware, integrasi dengan teknologi lain (seluler).

A. GAMBARAN UMUM DAN KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer.
Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
Komponen-komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Perangkat Keras adalah bagian-bagian dari material komputer. Komponen-komponennya mempunyai massa.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1) Input divice (unit masukan) terdiri dari keyboard dan mouse
2) Process device (unit Pemrosesan) terdiri dari microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor
3) Output device (unit keluaran) terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape
4) Backing Storage ( unit penyimpanan) terdiri dari memori RAM dan ROM
5) Periferal ( unit tambahan) atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

KOMPONEN KOMPUTER
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Agar data dapat diinput ke dalam sistem komputer, data akan dimasukkan melalui perangkat input, kemudian akan diubah ke dalam bentuk digital. Setelah berbentuk digital, data dapat diproses oleh komputer. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, dimana unit tersebut yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file, Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
 Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
 Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

1.1 KEYBOARD
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Gambar 1.1.1. Keyboard

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1) Typewriter Key, Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya.
2) Numeric Key, Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3) Function Key, Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
4) Special Function Key, Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

1.2 MOUSE
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click) Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

1.3 TOUCHPAD
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

Touch Pad Track Ball Pointing Stick
Gambar 1.2. Macam-macam Touchpad

1.4 LIGHT PEN
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Gambar 1.3. Light Pen

1.5 JOY STICK DAN GAMES PADDLE
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Gambar.1.4. Joy Stick dan Paddle Games

1.6 BARCODE
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.


Gambar 1.5.1 Barcode Reader Gambar 1.5.2 Barcode

1.7 SCANNER
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.


Gambar 1.6 scanner

1.8 KAMERA DIGITAL
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

1.9 MIKROPON DAN HEADPHONE
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

1.10 HICS PADS
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh (touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Gambar 1.7. phics pads

2. Unit Pemrosesan (Proses Device)
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU (Central Processing Unit). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick.
Kecepatan processor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software atau instruksi suatu program. Prosesor memiliki tiga bagian utama, yaitu: arithmetic & logic unit, control unit, dan memory unit.

a. ALU ( Arithmetical & Logical Unit )
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
1. Sama dengan (=)
2. Tidak sama dengan ( <> )
3. Kurang dari ( < )
4. Kurang atau sama dengan dari ( <= )
5. Lebih besar dari ( > )
6. Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )

b. CU ( Control Unit )
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
• Mengambil instruksi-instruk dari memori utama
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

c. MU (Memory Unit)
Prosesor computer memiliki tempat untuk menyimpan data, yang sering disebut juga dengan register. Register bertugas menyimpan data hasil olahan dan perintah yang sudah atau akan dikerjakan. Setiap prosesor memiliki beberapa jenis register dan masing-masing memiliki fungsi yang berbada. Fungsi-fungsi register tersebut adalah untuk:
• Menyimpan lokasi asal perintah,
• Menyimpan instruksi, ketika intruksi tersebut sedang diproses,
• Menyimpan data ketika sedang diolah oleh prosesor, dan
• Menyimpan hasil olahan

3. Unit keluaran ( output device )
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
1) Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
2) Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
3) Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Selama ini perangkat keluaran paling banyak digunakan para pemakai komputer adalah monitor. Sebenarnya perangkat keluaran cukup banyak jenis dan ragamnya, sehingga pemakai komputer harus tahu pilihan yang tersedia. Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive. Masing-masing perangkat tersebut sudah keluar berbagai variasinya, misalnya monitor, ada yang menggunakan teknologi CRT dan ada yang menggunakan LCD. Printer juga bervariasi, ada yang menggunakan teknologi impak, tinta, maupun laser.

4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program agar dapat digunakan berkali-kali. Data dan program seringkali sulit mendapatkan atau membuatnya. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
• Tercepat : Chace Memory dan Main Memory
• Terlambat : Sekunder Memory
Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan–hubungan lain, yaitu :
• Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
• Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
• Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu:
• ROM ( Read Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang.
Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah.
Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu
o PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan
o EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut
o EEPROM (electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.

• RAM ( Random Access Memory )
Merupakan jenis-jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
• Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
• Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
• Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
• Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage, kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalam output storage.
Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.
7. DDR2
Memori DDR2 telah didukung oleh motherboard High-end. Kita mengcompile di bawah suatu daftar yang pendek dengan perbedaan-perbedaan utama antara memori-memori DDR2 dan DDR.
DDR memori-memori secara resmi ditemukan dalam 266 MHz, 333 MHz dan 400 versi MHz, sedangkan memori-memori DDR2 ditemukan dalam Versi 400 MHz, 533 MHz, 667 MHz dan 800 MHz. Kedua jenis memori ini memindahkan dua data per siklus jam. Oleh karenannya clock yang terdaftarkan bersifat clock nominal, bukanlah riil. Untuk mendapat clock yang riil bagilah clock yang nominal dengan dua. Sebagai contoh, DDR2-667 memori sebenarnya bekerja pada 333 MHz. DDR2 memori mengkonsumsi power yang lebih rendah yang dibandingkan dengan memori DDR. DDR memori disupply dengan power 25 V sedangkan memori DDR2 disupply dengan power 18 V.
Pada memori DDR, penghentian yang memberi hambatan penting bagi membuat pekerjaan memori ditempatkan di motherboard, selagi di memori DDR2, sirkit ini ditempatkan di dalam chip memori. Ini adalah salah satu pertimbangan kenapa tidak mungkin untuk memasang DDR2 memori pada socket DDR dan sebaliknya. DDR modul-modul mempunyai 184 kontak, sedangkan modul DDR2 mempunyai 240 kontak.
Pada memori DDR, “CAS Latency” (CL) parameter – adalah waktu keterlambatan memori yang mengirimkan suatu data yang diminta –,dapat dari 2, 25 atau 3 siklus jam. Di memori-memori DDR2 CL dapat dari 3, 4 atau 5 siklus jam.
Pada memori DDR2, tergantung pada chip, ada satu latency tambahan (AL) dari 0, 1, 2, 3, 4 atau 5 siklus jam. Jadi di dalam suatu memori DDR2 dengan CL4 dan AL1, latency itu adalah 5.
Pada memori DDR2, menulis latency sepadan dengan baca latency ( CL +AL) kurang 1.
Secara internal pengontrol di dalam memori DDR bekerja prapembebanan dua data Bits dari area penyimpanan (task yang dikenal sebagai “prefetch”) sedangkan pengontrol di dalam memori DDR2 memori berkerja dengan men loading empat bits pada awal.
8. DDR 3
DDR 3 adalah suatu teknologi pada RAM yang digunakan pada penpheral yang memerlukan kecepatan akses data yang tinggi pada komputer atau peralatan elektronika digital lain. DDR 3 adalah bagian dari family SDRAM dan merupakan salah satu pengembangan dari (DRAM) dynamo acces memory.
Keuntungan yang paling utama dari DDR 3 adalah kemampuannya berjalan pada 1/0 BUS saat 4 kali kecepatan dari IC memori biasa.tercepat dalam hal kecepatan BUS dan memiliki peak tertinggi dibanding memori sebelumnya. Besarnya kecepatan BUS akan menghasilkan nilai latency yang tinggi.
DDR 3 standar memiliki kapasitas chip 512 Megabytes sampai 8 Gigabytes, ukuran kemampuan efektif maksimum modul memorinya adalah sebesar 16 Gigabytes.
DDR 3 memiliki konsumsi power 30% lebih hemet daripada modul memori DDR 2. DDR 3 membutuhkan tegangan 1.5 V, DDR 2 membutuhkan 1.8 V Dan DDR 1 2.5 V. DDR 3 menggunakan teknologi nano untuk suplai tegangan 1.5 V bekerja dengan baik pada teknologi 90 nanometer. Prototype DDR 3 dikenalkan pada awal 2005.


Secara garis besar, Unit Penyimpanan dapat dikelompokkan berdasarkan cara kerjanya. Dengan cara ini ada tiga kelompok Perangkat Simpan, yaitu:
1. Perangkat Simpan SASD
SASD adalah singkatan dari sequential access storage device, atau perangkat simpan yang bekerja secara sekuensial. Dengan kata lain, perangkat simpan ini bekerja dengan cara membaca (atau menulis) data secara urut dari awal sampai akhir, tanpa ada kemungkinan meloncat atau melewati bagian tertentu. Contoh perangkat simpan ini adalah kaset atau magnetic tape.
Perangkat simpan ini relatif lambat, tetapi harganya relatif murah. Perangkat simpan SASD biasanya digunakan untuk membuat cadangan (backup) data dan program, karena untuk membuat data cadangan tidak diperlukan kecepatan tinggi.
2. Perangkat Simpan DASD
DASD singkatan dari direct access storage device, atau perangkat simpan yang bekerja dengan cara langsung. Artinya, perangkat tersebut dapat membaca atau menulis langsung ditempat yang diperlukan. Contoh perangkat ini adalah disket, disk (CD/DVD, optical disk), harrdisk dan Zip disk.
Keuntungan dari media DASD adalah kerjanya cepat, tetapi kelemahannya adalah harganya kadang-kadang masih terhitung mahal, terutama bila diperhitungkan alat pembaca dan penulisnya.
3. Perangkat Simpan Flash
Perangkat simpan flash adalah perangkat simpan berbentuk kepingan memori, sehingga tidak memerlukan gerakan fisik. Karena tidak memerlukan gerakan fisik, perangkat ini dapat membaca dan menulis data dengan cepat. Itulah sebabnya perangkat ini disebut flash, karena dianggap dapat bekerja secepat kilat.
Bahkan dibanding jenis perangkat simpan yang lain, perangkat simpan ini bentuknya semakin kecil dan bobotnya semakin ringan. Bahkan pada beberapa merek, kegunaannya bisa ditambah lagi tidak hanya sekedar menyimpan data, tetapi juga dapat menjadi pemutar lagu-lagu berbentuk MP3.
5. Periferal (Unit Tambahan)
Unit tambahan, atau sering disebut juga dengan peripheral, merupakan alat yang dapat ditambahkan pada satu unit komputer, sehingga komputer tersebut memiliki fungsi baru. Karena fungsinya hanya tambahan, maka tanpa periferal ini komputer tetap dapat berfungsi seperti biasanya.
Ada beberapa contoh perangkat tambahan yang seringkali kita jumpai dalam komputer-komputer disekitar kita, di antaranya adalah:
• Perangkat fax.
• Perangkat modem.
• Perangkat TV/Radio.
• Perangkat jaringan atau network.
Perangkat tersebut bentuknya bermacam-macam, ada yang berupa perangkat terpisah yang dapat dipasang diluar komputer (disebut dengan perangkat eksternal) dan ada yang dipasang di dalam komputer (disebut dengan internal).
Perangkat eksternal dapat dipasang melalui saluran, port, atau colokan tertentu. Pada komputer PC, saluran ini biasanya adalah saluran serial, saluran paralel, saluran USB, dan saluran PCMCIA. Dalam beberapa aplikasi, misalnya untuk menghubungkan dengan telpon seluler, dapat juga dignakan saluran inframerah (IrDA).

B. PERKEMBANGAN HARDWARE
Perkembangan teknologi elektronik yang paling pesat dan banyak dipakai dibanyak bidang dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memperolah informasi tidak lain adalah komputer. Perkembangan komputer ini diakibatkan oleh perkembangan mikroprosesor (processor) sebagai otak dalam menangani keseluruhan dari kerja computer. Dalam segi ukuran, computer juga mengalami perkembangan pesat tetapi dengan munculnya berbagai kategori yang berdasarkan jenis ukuran ini tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan diantaranya :


• Komputer besar (Mainframe)
Computer ini berukuran besar atau mainframe yang mampu memproses data dalam jumlah yang sangat besar berkat kemampuannya menerima jutaan instruksi setiap detik. Computer yang temasuk kategori ini memiliki kapasitas menyimpan (storage) data atau informasi dalam jumlah yang sangat besar pula. Karena kemampuannya yang sangat besar, jenis ini digunakan apabila suatu organisasi atau perusahaan memerlukan beraneka ragam informasi dalam jumlah yang sangat besar. Dengan perkataan lain, menggunakan jenis computer inilah merupakan pilihan yang tepat jika perusahaan suatau data induk (data base) dan berbagai jenis jaringan (network).
• Komputer Mini
Jenis computer ini berukuarn kecil, akan tetapi kecepatannya dalam mengolah data cukup tinggi, kapasitas penyimpanan data tidak besar dan harganya pun relative murah. Computer mini popular dikalangan bisnis terutama yang berskala menengah dan kecil karena kemampuannya yang terbatas itu pun komputer tersebut dapat digunakan untuk pemrosesan dengan pangkalan data, penggunaan jaringan on-line, untuk aplikasi yang tidak terlalu rumit, dan dapat diandalkan sebagai sarana pengolah data tunggal dalam perusahaan.
• Komputer Nano
Mungkin sementara orang akan mengatakan bahwa apa yang disebut sebagai “Komputer Nano” sesungguhnya tidak dapat dikategorikan sebagai computer karena yang termasuk dalam kategori ini ialah segala jenis kalkulator yang mengandung teknologi tinggi. Akan tetapi jika kembali kepada “pengertian”computer sebagai alat menghitung yang canggih, bekerja cepat, dan dengan kemampuan besar, kiranya tidak salah apabila berbagai jenis kalkulator bermuatan teknologi tinggi dkategorikan sebagai salah satu jenis computer karena ukurannya yang sanagt kecil sehingga adakalanay disebut komputer saku.

Perkembangan Mikroprosesor Intel dan Personal Computer (PC)
Sesuai dengan waktu evolusi generasi-generasi prosesor yang baru bermunculan dengan perfomance yang lebih canggih, baik dari segi kualitas maupun kerumitannya.
Perkembangan tipe prosesor :
1 XT 8086 – 8088
2 AT 286, AT 386, AT 486
3 Pentium I : AT 80586 dengan 50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz
4 Pentium II : 266 Mhz., 300 Mhz, 350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz.
5 Pentium III : 500 Mhz, 550 Mhz, 600 Mhz, 650 Mhz, 700 Mhz.
6 Dan generasi terbaru sekarang Pentium IV

Processor selain Intel dan perkembangannya
Pangsa pasar yang menggiurkan untuk teknologi Komputer di Indonesia menyebabkan processor yang ada di Pasar tidak hanya produk Intel Co. tetapi Perusahaan lain seperti AMD ( Advanced Micro Device ) serta Cyrix juga mengeluarkan beberapa jenis Processor yang berusaha mengimbangi produk-produk dari Intel. Produk-Produk dari AMD antara lain :
AMD K-5, AMD K-6, AMD K6-2, AMD K6-3, AMD K-7, AMD Duron, AMD Athlon. Dimana produk-produk AMD ini ternyata beberapa dan belakangan ini berhasil melampaui kemampuan dari produk-produk Intel.
Berikut merupakan data-data perbandingan arsitektur produk AMD dan Intel serta hasil Benchmark ( Test Kehandalan uProcessor). Processor AMD dikenal dengan harga yang lebih murah dengan kehandalan yang tidak kalah dengan produk Intel. Selain AMD, Processor merk lain yang beredar dipasaran Indonesia adalah processor merk Cyrix yaitu Cyrix 6x86, M-II, dan M-III, tetapi sayangnya Processor merk Cyrix ini tidak seberhasil AMD untuk membuat processor tandingan bagi Intel.








Berikut ini adalah tampilan gambar Prosesor :



C. PERANGKAT KERAS PENGOLAHAN DATA
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

D. INTEGRASI DENGAN TEKNOLOGI LAIN
Dalam beberapa tahun terakhir ini, dengan adanya perkembangan computer mengakibatkan teknologi-teknologi menjadi saling terkait. Perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam pengumpulan, pengiriman, penyimpanan dan pengolahan informasi telah dapat diatasi.

E. PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Konsep Jaringan
Satu komputer yang terkoneksi ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Selain yang bukan komputer juga dapat menjadi node sepanjang mereka dapat berkomunikasi melalui jaringan, dengan mengirim dan menerima datanya terhadap node-node yang lain. Istilah “host” secara umum diartikan sebagai komputer yang terkoneksi ke jaringan yang dapat memberikan layanan jaringan (network service). Data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan dibawa oleh medium jaringan. Medium yang banyak digunakan adalah Ethernet, termasuk juga Token Ring, FDDI (Fiber Distributed Data Interface; medium yang menggunakan serat optik) dan Apple’s LocalTalk.

Komponen Jaringan
Komponen dari suatu jaringan adalah node dan link. Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam jaringan atau menghasilkan ouput informasi atau kedua-duanya. Node dapat berupa sebuah printer atau alat-alat cetak lainnya, atau suatu PC atau komputer mikro sampai komputer yang raksasa atau modem. Sedangkan link adalah kanal atau jalur transmisi untuk arus informasi atau data diantara node. Link dapat berupa kabel, sistem gelombang mikro, laser, atau sistem satelit.
Jaringan yang masing-masing node terletak di lokasi yang berjauhan satu dengan yang lainnya dan menggunakan link, berupa jalur transmisi jarak jauh disebut dengan jaringan eksternal. Sedangkan jaringan yang masing-masing node terpisah dalam jarak yang lokal dan menggunakan link berupa jalur transmisi kabel dsebut sebagai jaringan lokal atau LAN (lokal area network).

Protokol Jaringan
Dalam dunia komunikasi data komputer, protokol mengatur bagimana sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer lain. Dalam jaringan komputer dapat menggunakan banyak macam protokol tetapi agar dua buah komputer dapat berkomunikasi, keduanya perlu menggunakan protokol yang sama. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protokol ini. Karena menggunakan protokol yang sama, yaitu TCP/IP, perbedaan jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah, sehingga jika sebuah komputer menggunakan protokol TCP/IP dan terhubung langsung ke internet, maka komputer tersebut dapat berhubungan dengan komputer di belahan bumi manapun.

Model Jaringan
Ada dua model jaringan:
1. Model peer to peer. Menurut model ini, setiap host dapat menawarkan layanan ke peer lain dan juga mengambil layanan dari peer lain. Model ini cocok untuk jaringan kecil. Windows for Workgroup menggunakan model ini.
2. Model Client/Server. Model ini memisahkan secara jelas, mana yang dapat memberikan layanan jaringan (server) dan mana yang hanya menerima layanan (client). Beberapa komputer di-setup sebagai server yang memberikan segala sumberdaya (resource) dari jaringan: printer, modem, saluran dan lain-lain kepada komputer lain yang terkoneksi ke jaringan yang berfungsi sebagai client. Untuk dapat berkomunikasi antara server dan client (dan diantara mereka) server menggunakan aplikasi jaringan yang disebut server program dan, sementara client menggunakan client program untuk berkomunikasi dengan server program pada server.

Internet
Internet pada dasarnya adalah jaringan komputer. Menagapa _inter_? Karena komputer dihubungkan satu sama lain (interconnected).

Sebuah node dalam jaringan adalah sebuah komputer. Pengguna akhir dihubungkan ke sebuah pusat yang dinamakan Internet Service Providers (ISP), yang dihubungkan ke sebuah jaringan yang lebih besar, Harus membayar untuk bisa terhubung ke internet dengan menggunakan infrastruktur mereka.
Umumnya, perusahaan telepon menyediakan internet yang dipasang sekaligus dengan kabel telepon. Alasannya adalah karena perusahaan telepon telah mempunyai jaringan telepon yang besar yang dihubungkan oleh kabel yang bisa mengirimkan data.
Bagaimana mendapatkan suatu informasi lewat internet? Bayangkan sebuah negara asing yang ingin berkomunikasi. Salah satu dari hal di bawah ini harus terjadi :
Harus mengetahui bahasa lokal
Masyarakat lokal harus mengetahui bahasa kita
Keduanya mengerti satu bahasa yang sama
Hal ini melahirkan ide akan satu 'bahasa' komunikasi. Dalam terminologi komputer, bahasa ini dikenal dengan nama 'protokol'. Tidak seperti bahasa pada umumnya, ada protokol yang berbeda untuk penggunaan yang berbeda pula. Contoh beberapa protokol adalah sebagai berikut:
Hyper-Text Transfer Protocol (HTTP)
File Transfer Protocol (FTP).
Post Office Protocol (POP). - Digunakan dalam email klien.
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). - Juga digunakan untuk transmisi email.
Pada dasarnya, semua tergantung dari tujuan yang diinginkan. Harus berkomunikasi dengan bahasa di atas (di samping bahasa lainnya) untuk memberitahu komputer apa yang kita inginkan.
Ketika ingin terhubung dengan sebuah website, harus tahu alamat komputer tersebut yang disebut "alamat IP". Alamat IP adalah nomor khusus dalam dunia internet yang mengidentifikasi komputer tujuan. Tetapi tidak perlu mengetik alamat tersebut secara manual (diformat sebagai xxx.xxx.xxx.xxx, dimana xxx adalah nomor dari 0 sampai 255) setiap kali ingin mengecek email.
Ketika ingin mengecek email (misalnya user@gmail.com), kamu dapat mengetik alamat dalam browser. Apa yang sebenarnya terjadi adalah:
Browser meminta alamat website (dalam contoh ini gmail.com) pada server DNS (yang alamatnya diketahui).
Server DNS menerima permintaan ini dan menjawab dengan sebuah alamat.
Mengirim permintaan akan sebuah halaman web ke alamat yang baru saja diterima.
Server jarak jauh (komputer lain), menerima permintaan ini dan mengirim data yang kamu minta. Prosedur permintaan yang lengkap ditunjukkan di bawah ini. (Pictures from Wireshark/Ethereal of DNS).


Server Proxy
Bayangkan sebuah situasi di mana sedang belajar di universitas. Jelas tidak semua orang dapat mendapatkan koneksi internet secara individual.
Sebuah jaringan komputer telah tersedia dalam suatu universitas, dan semua komputer membagi koneksi internet yang ada. Pada akhirnya, hanya beberapa internet saja yang dihubungkan ke internet. Semua komputer lokal membentuk sebuah sub-jaringan yang menghubungkan ke mesin pusat. Mesin ini menjadikan permintaanmu seolah-olah permintaannya sendiri, mengambil isinya dari WWW, dan mengirimkannya. Identitas di dunia luar adalah identitas komputer tersebut.
Sebuah server proxy hanyalah suatu program komputer yang berjalan dalam komputer lain, kecuali bahwa ia didesain untuk melayani permintaan dalam jumlah besar. (Picture of a subnetwork + proxy server).
Firewall
Dengan dasar yang cukup dari deskripsi akan arsitektur internet, beralih pada firewall. Sebuah firewall adalah perangkat keamanan yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas antar komputer maupun jaringan komputer. Firewall bisa berupa software maupun hardware. Firewall mencari tanda dalam paket, menguraikan kodenya, dan memblok paket yang tidak diinginkan.
Firewall yang mungkin dapat digunakan dalam computer pribadi yang berusaha menyaring paket yang datang ke komputermu dan menyaring virus dan permintaan yang tidak diinginkan. (Artists view of a Firewall :) (Please put some artwork here ... ).
Penyaringan content bekerja
Penyaringan content yang dilakukan oleh ISP suatu daerah karena pemerintah mempunyai undang-undang yang mengatur masalah penggunaan internet. Umumnya, software ISP akan meneliti permintaanmu ketika telah dikirim. Jika kamu meminta website yang diblok, sebuah jawaban dengan cepat dikirim padamu mengatakan bahwa permintaanmu tidak dapat diproses, baik secara eksplisit maupun implisit.
Yang dimaksud secara eksplisit adalah bahwa ISP mengirimkan sebuah halaman web yang berisi : "This website is blocked by '' (" Website ini diblok oleh ")
Jika blok yang dimaksud adalah implisit, permintaanmu akan dipotong pada ISP dan browser yang mengharapkan balasan tidak akan mendapatkannya sama sekali! Sehingga, setelah "timeout" selama kira-kira satu menit (atau tergantung pada setting browsermu), browser akan menyerah dan mengirim pesan : ``The remote server is not reachable at this time. Please try again later''. ( "server jarak jauh tidak dapat terjangkau saat ini. Silakan coba di waktu lain")
Kalau telah diblok. Bagaimana dapat masuk ke sistem tersebut? Ada beberapa cara untuk melakukannya seperti sebagai berikut:
Menghubungkan ke proxy
Ketika berlangganan internet melalui ISP, akan diberikan akses ke internet. Dengan akses langsung, tidak ada server proxy yang menghubungkanmu dengan internet dan identitas komputer yang ada (alamat IP) adalah identitas khusus. Sehingga apabila ISP memblok content tertentu dan karena mempunyai akses langsung ke internet, mengapa tidak mengkontak komputer lain dan meminta mereka untuk mengambilkan content itu? Karena menggunakan alamat IP yang sama dengan yang digunakan, hanya akan mendapatkan content yang sama yang telah diblok. Secara efektif, komputer jarak jauh (remote) berperan sebagai proxy dan dengan demikian dapat mengakses content yang diblok. Sayangnya ISP terlau cerdas. Jika mereka ingin untuk mencegah penggunaan proxy, mereka akan memblok proxy sekaligus! Tapi proxy baru terus bermunculan dan memblok mereka adalah pekerjaan yang cukup merepotkan untuk ISP.
Mengkode koneksi
Terkadang, sangat mungkin untuk mengkode koneksi lewat proxy luar sehingga ISP tidak akan tahu apa yang akan dilakukan! Hal ini biasanya dilakukan dengan SSH (Secure Shell Client). Disebut secure atau aman karena SSH mengkode data sebelum mengirimnya ke tujuan. Hanya tempat tujuan yang dapat menguraikan data tersebut.

0 komentar:

Post a Comment