Thursday 29 April 2010

MENELADANI PRILAKU NABI SAW DALAM MENDIDIK KELUARGANYA


Bersumber dari Aisyah: sesungguhnya saudah binti zum’ah memberikan jatah giliran kepada Aisyah. Maka Nabi SAW pun menggilir Aisyah pada harinya sendiri ditambah hari milik saudah (HR.Ahmad)

Bersumber dari Atha dari Ibnu Abbas, dia mengatakan: Rasulullah SAW memiliki sembilan istri. Beliau menggilir yang delapan sedang yang satunya tidak digilir. Kata Atha: satu yang tidak digilir itu adalah Shafiyah binti Huyyain bin Akhtab (HR.an-nasa’i).

Bersumber dari Aisyah : sesungguhnya Nabi SAW apabila akan bepergian keluar (kota), beliau mengadakan undian diantara isteri-isterinya. Mana diantara mereka yang keluar undiannya, maka itulah yang akan ikut berangkat bersama beliau.(HR. Bukhari dan Muslim).

1.Metode Teladan
Metode ini digunakan Rasulullah SAW misalnya terhadap istri-istrinya. Dalam sejarah tercatat beliau memiliki banyak istri. Sabda Rasulullah SAW :

Dari ketiga hadis yang dikutip diatas, menunjukkan bahwa Nabi SAW memberi contoh kepada isterinya bagaimana memperlakukan mereka secara adil. Disini tampak Rasulullah SAW menggunakan metode teladan.
Dikatakan demikian kerena setiap nabi hendak pergi biasanya beliau bersikap bijak, artinya tidak langsung mengajak salah seorang isterinya. Untuk menentukan siapa yang bersama Rasul, maka diadakan pemilihan. Metode ini mencermikan bahwa Rasul seorang suami yang senantiasa menegakkan keadilan meskipun pada akhirnya pemilihan itu jatuh pada isterinya yang paling tua. Keadaan ini sangat jau berbeda dengan umumnya umat manusia dalam hal ini para suami yang berpoligami biasanya akan memilih isteri yang cantik untuk bepergian atau tamasya dan sebagainya. Sedangkan manakala terjadi pertengkaran dengan isterinya dalam hal ini

Misalnya sikap cemburu yang selalu ada pada setiap istri, maka biasanya Nabi berusaha melakukan senda gurau sehingga suasana kembali ceria.

Demikian pula Nabi SAW misalnya apabila mau melakukan pekerjaan yang sebetulnya pekerjaan itu hanya pantas dilakukan seorang isteri,. Konkritnya Nabi tidak pernah merasa malu ketika menjahit pakaiannya sendiri yang terkoyak atau bahkan pekaian isterinya. Bahkan Nabi bersedia memasak atau mencuci disaat memang isterinya sedang tidak mampu melakukannya. Didalam memberikan nafkanya Nabi menggunakan metode yang sebanding, artinya tiap isteri diberi nafkah baik lahir maupun batin. Tidak pernah terdengar dalam sejarah bahwa salah seorang isteri Nabi tidak puas dengan kebijakan nafkah dan pemberian kebutuhan biologis.

2.metode nasihat
metode ini beliau gunakan misalnya dalam membidik akhlak anaknya. Nabi sangat mengutamakan pendidikan akhlak dengan menggunakan nasihat jika anaknya salah, Nabi Muhammad SAW tidak membedakan dengan orang lain. Bagi Nabi SAW anaknya atau budak diperlukan sama misalnya pada Fatimah

sesungguhnya Tuhanmu sekalian adalah satu, dan bapak kalian adalah satu. Ingatlah! Tidak ada kelebihan bagi bangsa Arab terhadap bangsa non Arab, tidak ada kelebihan bagi bangsa non-Arab terhadap bangsa Arab, tidak ada kelebihan bagi bangsa berkulit marah terhadap bangsa berkulit hitam, dan tidak ada kelebihan bagi bangsa berkulit hitam terhadap bangsa berkulit merah kecuali dengan taqwa.(HR. Ahmad)

hal ini terbukti misalnya Nabi pernah menegur Fatimah karena bermuka masam dengan seorang budak. Selain itu Nabi SAW tidak pernah mengabulkan permintaan Fatimah ketika dia menghendaki sesuatu barang yang harus dibeli dari uang baitul mal. Padahal nabi sebagai khalifah dapat membeli apa saja yang ia kehendaki karena ketika itu hampir perbendaharaan kekayaan negara ada dalam genggaman Nabi. Metode inilah yang senantiasa membekas pada Fatimah, ini bisa dilihat sewaktu Fatimah menikah dengan Ali hanya diberi mas kawin berupa baju perang yang kalau menurut nalar logika, untuk apa kegunaannya bagi Fatimah. Begitupun ia menggunakan metode kedermawanan sehingga ketika melihat sosok manusia papa maka Fatimah denga ringaan mengulurkan tangan untuk memberi bantuan ala kadarnya.

Demikian pula terhadap cucu-cucunya, Nabi Muhammad selalu memberikan pendidikan akhlak dengan menggunakan metode nasihat. Meskipun cucnya adalah turunan Rasulullah SAW, tetapi beliau melarang cucunya membanggakan diri, misalnya kepada Hasan dan Husain Nabi Muhammad sangat murka sewaktu mendengar Hasan dan Husein bertengkar dengan salah seorang anak kaum musyrik atau kafir. Rasul menganggap bahwa orang musyrik atau kafirpun adalah manusia yang patut dikasihi dan disayangi. Bahkan nabi mendidik agar cucunya tidak bersifat arogan meskipun kakeknya sebagai seorang khalifah. Dalam hal ini nabi tidak pernah pilih kasih katika me,buat aturan hukum bagi yang melakukan kejahatan atau pelanggaran tidak terkecuali kapada anak dan cucunya.

ARTIKEL ARTIKEL TERKAIT

  1. PRAKTIK PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW DALAM MASYARAKAT
  2. KUMPULAN KETERANGAN HADIST NABI BETAPA PENTINGNYA SEBUAH PENDIDIKAN(Alim) dan derajat Alim
  3. METODE-METODE YANG DITERAPKAN NABI MUHAMMAD SAW DALAM BERMASYARAKAT
  4. SIFAT TAWADHU' & ANDAP ASHOR SEORANG SANTRI
  5. 14 CARA NABI MUHAMMAD SAW MENDIDIK ANAK-ANAKNYA
  6. ADAB BAGI SEORANG MURID DALAM MENUNTUT ILMU

CARA MENCEGAH VIRUS PC DAN MEDIA HARDWARE KOMPUTER SERTA MENGHAPUS SAMPAH KOMPUTER


Selain membuang sampah masih banyak yang bisa dilakukan oleh Ccleaner :
Merapikan Registry dan membuang missing shared dll yang masih tersimpan pada registry yaitu dengan cara mengklik REGISTRY lalu klik Scan For ISSUES, tunggu proses scan selesai lalu klik FIX SELECTED ISSUES,akan muncul pilhan apakah akan membackup saran saya jawab NO saja toh itu cuma sampah kok.Lalu klik FIX ALL SELECTED ISSUES lalu klik oke.Registry anda sudah jadi lebih bersih sekarang.

Mematikan StartUp Program yang tidak perlu :
Kalo yang ini harus lebih hati-hati karena Jangan sampai anda mematikan Program2 yang memang perlu running disaat-saat awal komputer menyala mis: Antivirus. Kalo fungsi mendelete startup ini adalah untuk mempercepat booting windows pada saat menyala, ada komputer yang membutuhkan waktu cukup lama pada saat menyalakan komputer,itu dikarena terlalu banyak program yang di running disaat-saat awal komputer menyala, mis program YM, MSN, Live Messengger, Skype ini adalah program2 yang selalu running pada saat kita menyalakan komputer, padahal terkadang tidak setiap saat kita menggunakannya bahkan sibuk menCLOSE program2 tersebut.Bagaimana cara MEMATIKANNYA??
Klik pada TOOLS lalu Klik STARTUP, disana akan muncul beberapa tulisan, semakin banyak isi tulisannya berarti semakin banyak program yang running di saat2 awal komputer menyala.Nah cara menghapusnya adalah klik filenya lalu klik delete maka program tersebut telah dimatikan di startup windows, namun tidak hilang dari komputer kita.

Bagi teman-teman yang kesulitan atau takut mendelete-delete file yang asing atau tidak terpakai atau takut mendelete file system, Jangan Taktu lagi karena sebenarnya ada sebuah program yang ringan tapi mempunyai kinenerja yang sangat bagus nanamnya CCleaner anda bisa mendownloadnya di sini ccLEANER pilih saja yang alternative download lalu save ke dalam hardisk.Selanjutnya Double klik untuk menginstall.Maka akan muncul shortcut baru di dalam dekstop anda, double kilk saja untuk menjalankannya.Nah disana akan terpampang pilihan-pilihan file-file mana yang akan dihapus atau dipertahankan , misalnya history bisa di unchek, jangan lupa bagi yang menggunakan browser selain IE buka Aplication dan Unchek juga historynya jika memang tidak ingin menghapus.Jika masih ragu2 anda bisa memilih analyze untuk melihat reviewnya file apa saja yang akan di delete, jika sudah yakin klik saja run cleanernya maka dengan otomatis file-file yang menjadi sampah akan terhapus secara otomatis.MUDAH BUKAN??? anda juga bisa melihat berapa besar megabyte sampah yang dihapus pd display dibagian atas setelah selesai run cleaner.


Dan bagaimana caranya agar kita dapat mencegah virus pada PC dan hardware lainnya
Pada waktu kita memasukkan flashdisk ke USB komputer kita, maka secara default windows akan langsung membuka task baru dengan fungsi Auto play.
Banyak sekali virus yang menggunakan fungsi Auto Play ini untuk menyebarkan diri mereka dan kemudian menginfeksi komputer kita.
Disini kita akan berusaha untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer kita dengan cara menonaktifkan fungsi Auto Play tersebut.

Berikut caranya :
- Klik Start –> run “gpedit.msc”
- Pilih Computer Configuration –> Administrative Templates
- Lalu Pilih System, cari file Turn Off Auto Play dan klik double
- Lalu centang pilihan enabled dan Turn Off Auto Play pilih All Drive
- Lalu klik OK, Tutup dan restart

Cara lain untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer adalah dengan cara mengaktifkan user Guest dan selalu login dengan user guest tersebut.

Karena dengan user Guest maka secara tidak langsung kita akan mematikan fungsi registry, karena Virus akan selalu manginfeksi file registry ini dan merubah value di dalamnya.
Anda juga dapat meminimalisir virus masuk ke dalam komputer dengan selalu mengupdate anti virus secara rutin.

Tuesday 27 April 2010

MENANTI KEJAYAAN NAHDLATUL ULAMA DENGAN PARA GENERASI MUDANYA




Pada suatu saat KH Wahab Hasbullah mengatakan "untuk menggerakkan Nahdlatul Ulama itu tidak butuh orang yang sangat banyak akan tetapi hanya butuh satu orang pemudah" dan kalimat ini yang mengandung sebuah arti yang tersendiri dan juga sangat dalam maknanya, mengapa demikian kita tahu sendiri bahwasannya KH Wahab Hasbulloh ia orang yang mempunyai semangat serta tekat yang sangat kuat dalam segala hal. hal ini ia (KH Wahab Hasbulloh) buktikan dalamkehidupannya.

Nahdlatul Ulama sebuah organisasi Jam'iyyah Diniyyah Ijtima'iyyah yang tk diragukan lagi dalam mengayomi umatnya atau warganya, hampir dari 50% penduduk negeri ini adalah warga Nahdlatul Ulama. Kembali kepada pokok bahasan kejayaan Nahdlatul Ulama yang dimaksud oleh KH Wahab Hasbulloh para pemuda adalah bukan orang yang berumur masih mudah akan tetapi butuh sosok baik tua ataupun mudah akan tetapi mempunyai semangat seperti pemuda yang mana dimaksud seorang pemuda itu seorang yang mempunyai semangat yang menggebuh-gebuh dalam menggerakkan roda perjalanan Nahdlatul Ulama.

hal ini terbukti dengan adanya para generasi yang menghiasi perjalanan Nahdlatul Ulama dalam momong warganya dan menggerakkan roda perjalanan Nahdlatul Ulama sebagai contoh:
subhanZE beliau adalah seorang pemuda kelahiran kota malang, tokoh yang sangat populer kala itu setelah generasi KH Wahab Hasbulloh pemuda yang sangat kritis ini, populer sekali kala Kursi pimpinan Nahdlatul Ulama berada dan dipegang oleh KH Idham Chalid, Tokoh sepopuler Subhan ZE inidi era 70 an ini membangkitkan semangat Nahdlatul Ulama dalam menghiasi citra negeri ini, bahkan ia tak segan-segan mengkritisi pemerintahan kala itu, yang dianggapnya telah menyimpang jauh dari komitmen Orde baru. dalam sebuah pidatonya sebuah Radio beliau Subhan ZE sebagai wakil ketua MPRS kala itu, Subhan ZE mensinyalir kaidah-kaidah Orba mulai kabur dan tidak lagi menjadi landasan perjuangan bagi seluruhkomponen Orba."MAchinery"politik orla sudah mulai mendapat jalan melalui sel-sel koruptif, dan cara berjuang orla seperti intrik, konspirasi sudah merajalela kembali mengingat kaidah-kaidah dasar perjuangan Orba, yang intinya 1) penegakan tata kehidupan yang demokratis; 2)penegakan tata kehidupan hukum dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari; 3) pengusahaan adanya pendemokrasian didalam pelaksanaan kebijakan ekonomi dan 4) penegakan Hak-Hak asasi manusia. hal inilah yang perlu juga kita kritisi pada era sekarang ini Nahdlatul Ulama dibawah kepemimpinan KH Said Agil dan juga pada era politik saat ini yang penuh dengan Konspirasi. maka akan dibawah kearah mana Nahdlatul Ulama ini sebagai Jam'iyyah Diniyyah Ijtima'iyyah.

pada era setelah Subhan ZE, ada era baru NAhdlatul Ulama kembali menggugah serta menunjukkan taringnya dalam mengarungi era perjalan Bansa ini kala itu, pemudah-pemudah ini juga tak kala kritisnya dengan Subhan ZE, kalangan pemuda Nahdlatul Ulama ini seperti KH Abdurrahman Wahid, Fahmi Saefudin, Said Budairi, Rozy Munir, Abdulloh Sarwani, Slamet Efendi dan mungkin masih ada yang lain para pemudah NAhdlatul Ulama ini menghiasi Perjalanan Nahdlatul Ulama pada Era 74 setelah Era KH wahab Hasbulloh dilanjutkan Subhan ZE. para Pemuda Nahdlatul Ulama penghias perjalanan serta penggugah semangat perjuangan Nahdlatul Ulama ini. memberikan khasanah baru di NAhdlatul Ulama meski pada era 74 walaupun pengaruh mereka kala itu masih belum nampak, akankah Nahdlatul Ulama pada Era saat ini bisa menemukan para generasi seperti KH Wahab Hasbulloh, Subhan Ze, KH Abdurrahman Wahid, Fahmi Saefudin, Said Budairi, Rozy Munir, Abdulloh Sarwani DKK.

jika pada era saat ini ada generasi seperti mereka kejayaan Nahdlatul Ulama serta taring Nahdlatul Ulama sebagai Ormas serta Jam'iyyah Diniyyah Ijtima'iyyah akan kembali jaya seperti kala itu pada era generasi seperti mereka

disadur dari buku memberdayakan warga NU

Monday 26 April 2010

PUDARNYA KHARISMA NAHDLATUL ULAMA SEBAGAI JAM'IYYAH DINIYYAH IJTIMA'IYYAH

Tak heran jika pada saat-saat menjelang sebuah pemilu, pilkada,pilwali dan semacamnya banyak para partai serta calon Anggota Legislatif berebut umat sebagai pemilihnya Sebagai Organisasi Sosial Kemasyarakatan dengan warganya yang sangat banyak serta sangat pesat dipelosok Nusantara ini.sebutlah Nahdlotul Ulama yang mana Organisasi ini sebagai Jam’iyyah Diniyyah ijtima’iyyah telah banyak melahirkan para Tokoh-Tokoh besar. Dari pendirinya sendiri yaitu sosok KH Wahab Hasbullah, selaku motor bagi terbentuknya Jam’iyyah ini dan yang merestuinya dalam proses pendirian Oraganisasi ini yang tak lain masih sanak keluarga beliau Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari.

Sedikit menyinggung akan peran Nahdlatul Ulama dalam kanca politik di negeri ini, yang kala itu pada tahun 1946 Nahdlatul Ulama mengambil sebuah sikap pada muktamar Nahdlatul Ulama di Purwokerto, menyruhkan kepada warganya untuk mendukung sebuah partai yang bernama Masyumi dank ala itu warga Nahdlatul Ulama lah yang menjadi tulang punggung keberhasilannya mendukung Masyumi. Akan tetapi lambat laun Nahdlatul Ulama merasa tidak puas dengan sikapnya yang dualisme yaitu sebagai ORMAS dan juga Parpol maka pada muktamar yang selanjutnya tepatnya Muktamar Nahdlatul Ulama di Palembang1972 Nahdlatul Ulama mengambil sebuah sikap untuk ikut unjuk dalam kanca politik dan berdirilah sebuah Partai Nahdlatul Ulama.

Hal ini berlangsung tidak lama yaitu hingga tahun 1973 tepatnya saat kebijakan pemerintah kala itu mengeluarkan kebijakannya yaitu penyederhanaan system kepartaian. Akhirnya pada 5 Januari 1973 Nahdlatul Ulama berfusi dengan PPP bersama tiga partai lainnya kala itu yaitu Parmusi, PSII dan Persi.

Mulai dari sinilah Nahdlatul Ulama perannya sebagai Ormas yang berorientasi Jam’iyyah Diniyyah Ijtima’iyyah hamper terlupakan karena para petingginya sibuk akan perannya yang berada di dunia politik praktis kala itu. Yang mana dengan begitu banyak warganya anya dimanfaatkan oleh para tokoh-tokohnya saja dari sinilah taring Nahdlatul Ulama sebagai Ormas pudar hingga pada Muktamar Nahdlatul Ulama di Situbondo Nahdlatul Ulama mengambil sikap untuk kembali Ke Khitta 1926 yaitu sebagai Jam’iyyah Diniyyah Ijtima’iyyah.

Inilah sebuah wacana yang harus kita semua sebagai warga Nahdlatul Ulama ketahui, sabagai pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua warga Nahdlatul Ulama, apalagi pada saat ini banyak para politikus berebut pemilih dan memberikan slogan yang tidak tanggung-tanggung mengatas namakan Nahdlatul Ulama. agar jangan sampai sejarah lama terulang kembali dan kharisma Nahdlatul Ulama tetap sebagai Jam'iyyah Diniyyah Ijtima'iiyah

POTRET KH WAHAB HASBULLAH TENTANG AWAL BERDIRINYA NAHDLATUL ULAMA

Siapa yang tidak tau akan sepak terjak sosok tokoh yang satu ini. orangnya yang sangat tegas dan berkepribadian. dialah founding father Nahdlatul ulama yang mana kalah itu terinspirasi dan berawal dari Nahdlatul Wathan. yang didasarkan akan keinginan untuk menumbuhkan semangat Nasionalisme melalui pendidikan. KH Wahab Hasbullah ialah orangnya.

Awal kelahiran organisasi kaum pesantren yang dibidani oleh KH Wahab Hasbullah yang mana oraganisasi ini sebagai jam'iyah diniyah ijtima'iyah yang diawali dengan munculnya beragam organisasi kemasyarakan. dalam hal ini Nahdlatul Ulama terbentuk dari tiang penyangga mulai dari awal yaitu Nahdlatul Wathan, Nahdlatul Tujjar, dan Tashwirul Afkar.

Awal berdirinya Nahdlatul Wathan ini yaitu pada tahun 1916 yang mana berdirianya Nahdlatul wathan ini sebagai modal awal dalam mengorganisasikan kelompok Ahlussunnah Waljamaah dalam agendanya yaitu politik kebangsaan.

Kemudian pada tahun 1918 KH. Wahab Hasbullah memprakarsai akan adanya sebuah organisasi baru yang bergerak pada sektor ekonomi dengna didirikan sebuah koperasi dagang atau koperasi pedagang dengan dikenal namanya Nahdlatul Tujjar.

Disamping kedua organisasi ini beliau KH Wahab Hasbullah bersama-sama dengan KH. Ahmad Dahlan seorang Ulama terkenal dari daerah Kebondalem Surabaya dan juga bersama Kyai Mas Mansur mendirikan sebuah Organisasi yang pada dasarnya masih mengedepankan akan pentingnya sebuah pendidikan yang mana dikemas dengan sedemikian rupa dengan perpaduan model pendidikan Klasikal akan tetapi pada awalnya organisasi ini adalah sebagai Forum curah pendapat serta transaksi gagasan, baik menyangkut persoalan keagamaan, kebangsaan, dan perkembangan Internasional. yang dinamakan dengan Tashwirul Afkar

Dari ketiga organisasi inilah berdiri sebuah Organisasi Sosial keagamaan yang dinamakan Nahdlatul Ulama. sebuah Organisasi dengan warga terbesar pertama dinegeri ini dengan deklarasi awalnya jam'iyyah diniyyah ijtima'iyah dan juga organisasi sosial keagamaan.

Saturday 24 April 2010

CARA CEPAT DOWNLOAD EBOOK, MAKALAH,BAHAN AJAR MATA KULIAH SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (SPK)


Anda bingung ingin cari-cari referensi tentang sebuah makalah atau juga bahan bacaan yang selama ini ingin anda cari atau paling tidak anda sedang kuliah yang mana saat ini lagi membutuhkan akan referensi mata kuliah sistem penunjang keputusan, kagak usah bingung dech aku da nyiapin ko' pingin ngambil atau istilahnya dunluad lah eh keliru Download mata kuliah sistem penunjang keputusan.

sangat cocok sekali referensi yang akusiapkan ini

Friday 23 April 2010

KUMPULAN-KUMPULAN DALIL RIBA SERTA BAB HALAL (QS.AL-BAQARAH SERTA HADIST)

Pada postingan yang lalu aku telah menerangkan surat Al-Maidah dan juga definisi- definisi hukum pada postingan kali ini aku mencoba mengumpulkan sedikit referensi mungkin berguna bagi ansa semua

Al-Baqarah 278
ayat ini menerangkan bahwasannya riba'
" Hai orang-orang yang beriman, Bertaqwalah kepada Alloh dan Tinggalkanlah sisa riba' (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman"

ket : Bahwasannya yang diterangkan pada surat ini adalah keberadaan Riba' hal ini yang menyangkut tentang sisa dari kelebihan riba' yang belum dipungut

Al-Baqarah 279
masih yang bersangkutan dengan Riba
" Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba') maka ketahuilah, bahwa Allah dan rosulnya akan memerangimu"

Al-Baqarah 275
masih berkutat masalah riba yang mana hal ini memang sangat-sangat perlu untuk kita perhatikan
"barang siapa yang kembali (mengambil riba) maka orang itu adalah penghuni-penghuni Neraka ; mereka kekal didalamnya"

hadist-hadist yang menjelaskan antara lain
hadist Nabi dari Ibnu Mas'ud ra.
"mencari barang halal itu fardlu (wajib) atas setiap Muslim"
sama halnya hadist yang lain menerangkan
"Mencari ilmu itu wajib atas setiap muslim"

hadist Nabi yang diriwayatkan Abu Na'im
"barang siapa makan yang halal, selama empat puluh hari, maka Allah menerangi hatinya dan dia akan mengalirkan sumber-sumber hikma dari hatinya atas lidahnya."

ahadist yang diriwayatkan oleh Thabrani
"baikkanlah makananmu, aniscaya doamu diperkenankan"

dalam ayat-ayat Alqur'an yang lain juga diterangkan
QS. Al-mu'minun 51
makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shaleh

QS. Al-Baqarah 188
adan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain diantara kamu dengan jalan batil

serta hadist Nabi yang diriwayatkan Ad-Dailami
"ibadah itu sepuluh bagian, sembilan dari padanya adalah dalam mencari yang halal

MEMAHAMI MAJLIS TARJIH SERTA HEGEMONI FIKIH DALAM KALAM MUHAMMADIYAH MENJELANG MUKTAMAR 2010


berawal dari th 1930an kala itu Majlis tarjih muhammadiyah didirikan dari tahun inilah Ruh atau spirit itu menjadi nampak pada semua persoalan yang menjadi wilayah kerja muhammadiyah. dalam hal ini karena kala itu bidang garap majlis tarjih sangatlah luas yang mana tanpa harus membedahkan mana Fikih, Teologi(kalam), tasawuf dan sebagainya semua masih berada dibawah payung keislaman, dan disinilah majlis tarjih menjadi sangat dinamis dan juga progresif.

Akan tetapi, menjelang tahun 1970 ke-tarjih-an Muhamadiyah menjadi menyempit hanya mengurusi persoalan-persoalan yang berbau Fiqhiyah(fiqh oriented). bahkan hingga saat ini hegemoni fiqh itu masih sangatlah kental dan juga kelihatan. walaupun ditambah (istilah)"Pengembangan Pemikiran Islam" dari sinilah kita akan mengkaji serta mencermati sejauhmana keharusan defersifikasi wacana tarjih dan bagaimana jangkauan masa depan MAjlis Tarjih.

pada Munas tarjih dan waktu itu bersamaan dengan Muktamar Muhammadiyah ke 44 yang berada dijakarta pada tahun 2000 yang memiliki keterkaitan erat dengan semiloknas Manhaj (metodologi)tarjih disurakarta pada awal April serta munas Tarjih dimalang pada bulan Januari 2000 memiliki posisi yang sangat penting, karena metodologi dianggap sebagai problem mendasar majlis tarjih. kala itu hanya masih berkutat pada persoalan ushul al-Fiqh. serta materi persoalan yang dikaji dan diselesaikan masih berupa shalat, zakat, haji dan hisab-ru'yat. akan tetapi akan lebih menarik lagi jika yang jadi materi adalah persoalan dan juga metodologi fikih tersebut dikembangkan kepada problem yang lebih aktual serta mendesak untuk diselesaikan dengan contoh politik, sosbud, Ekonomi.

Yang paling banyak berjasa dalam pembangunan pemikiran islam Muhammadiyah adalah Majlis Tarjih, yang mana majlis tarjih ini berada pada posisi serta fungsi yang sangat vital dalam Muhammadiyah. keberadaan majlis tarjih ini yang menetukan bahwasannya muhammadiyah adalah organisasi atau gerakan Ilam yang modernis (Tajdid), yang kedua sejauh mana Muhammadiyah melakukan ijtihad dan tajdid dalam memecahkan masalah- mesalah/pelik kehidupan sosial beerdsarkan Agama atau setidaknya pemikiran keagamaan islam. dan disinilah peran majlis tarjih dalam memberikan nafas dan Ruh gerakan akan menentukan apakah Muhammadiyah masih bernuansa religius islam atau tidak.

maka tidaklah kaget ketika kita telah memahami majlis tarjih serta peran majlis tarjih dan fungsi majlis tarjih, bukan suatu berita baru lagi jika pada tahun ini yang menjadi grand issue Muhammadiyah adalah rokok Diharamkan dan hal itulah dan hal itulah yang memang ketika dikaji sangat menyolok akan kajian jika kita mencermati keberadaan Negeri kita yang sebagian besar pendapatan negara berasal dari cukai tembau

Thursday 22 April 2010

CARA ASYIK DENGAN GAYA BARU FACEBOOKtouch BAGI SEMUANYA

Sudah berapa lamakah anda mengenal Facebook? jika anda telah mengenal apakah yang anda ketahui tentang fasilitas jejaring sosial ini atau paling keren disingkat dengan FB (Facebook). jika anda sudah kenal apakah anda telah mempunyai akun facebook saat ini. aaha ini terlalu bertele-tele ya !!!

langsung aja aku hanya ingin memosting apa yang dimaksud dengan facebook dan apa itu yang dinamakan facebooktouch. faebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg ini aku dapat dari definisi wikipedia. sedangkan cara asyik disini adalah facebooktouch yang mana yang dimaksud dengan facebooktouch adalah merupakan situs Facebook yang dirancang khusus untuk Apple iPhone dan handphone layar sentuh lainnya. untuk saat ini yang aku ketahui dari facebooktouch adalah itu, akan tetapi bagi kita yang tidak memiliki handpone dengan fasilitas layar sentuh atau Apple iphone akan tetapi berselancar lewat warnet kita bisa juga lho masuk keakun facebootouch.

cara asyik dengan gaya baru facebooktouch ini bisa langsung anda nikmati dengan masuk ke http://touch.facebook.com dan nantinya yang jelas seperti biasa jika anda sudah punya akun facebook langsung login aja.

cara asyik gaya baru facebooktouch adalah tampilan yang simple yang memungkinkan kita tidak ribet dengan semua tampilan yang telah ada saat ini di facebook yang mana contohnya banyak iklan atau yang lain, akan tetapi facebooktouch ini atampilannya sangat simple praktis dan yang jelas ndak lemot lah saudara-saudara.

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN JARINGAN KOMPUTER


Postingan kali ini aku membahas tentang apakah yang dimaksud dengan jaringan komputer. yang mana hal ini aku dapat dari membaca sebua buku yang Jaringan Komputer dengan sub bahasan yang ada adalah Data link, Network & issue.

Bagi anda semua yang setipa harinya bergelut dengan yang namanya komputer, atau anda seoran guru sekolah yang mengajar mata pelajaran TIK atau ingin mencari referensi apa yang dimaksud dengan jaringan komputer bisa anda baca postingan blog aku kali ini

Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network).(1)

Dalam buku ini kita akan menggunakan istilah jaringan komputer untuk mengartikan suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang autonomous. Dua buah komputer dikatakan terinterkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasui. Betuk koneksinya tidak harus melalui kawat tembaga saja melainkan dapat emnggunakan serat optik, gelomabng mikro, atau satelit komunikasi.

Untuk memahami istilah jaringan komputer sering kali kita dibingungkan dengan sistem terdistribusi (distributed system). Kunci perbedaannya adalah bahwa sebuah system terdistribusi,keberadaan sejumlah komputer autonomous bersifat transparan bagi pemakainya. Seseorang dapat memberi perintah untuk mengeksekusi suatu program, dan kemudian program itupun akan berjalan dan tugas untuk memilih prosesor, menemukan dan mengirimkan file ke suatu prosesor dan menyimpan hasilnya di tempat yang tepat mertupakan tugas sistem operasi. Dengan kata lain, pengguna sistem terditribusi tidak akan menyadari terdapatnya banyak prosesor (multiprosesor), alokasi tugas ke prosesor-prosesor, alokasi f\ile ke disk, pemindahan file yang dfisimpan dan yang diperlukan, serta fungsi-fungsi lainnya dari sitem harus bersifat otomatis.

Pada suatu jaringan komputer, pengguna harus secara eksplisit log ke sebuah mesin, secara eksplisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara eksplisity memindahkan file-file dan menangani sendiri secara umum selusurh manajemen jaringan. Pada sistem terdistribusi, tidak ada yang perlu dilakukan secara eksplisit, sermunya sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem tanpa sepengetahuan pemakai.

Dengan demikian sebuah sistem terdistribusi adalah suatu sistem perangkat lunak yang dibuat pada bagian sebuah jaringan komputer. Perangkat lunaklah yang menentukan tingkat keterpaduan dan transparansi jaringan yang bersangkutan. Karena itu perbedaan jaringan dengan sistem terdistribusi lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya sistem operasi), bukan pada perangkat kerasnya.


Wednesday 21 April 2010

PENGEN MENAIKKAN TRAFFIC ALEXA BLOG KAMU


Sebelumnya anda mesti paham dulu aa itu ang dinamakan Alexa. Alexa adalah sebuah fasilitas yang memberitahukan blogger mania tentang ranking popularitas blog anda. yang mana hal ini diberikan oleh perusahaan alexa.com sebegai pengelola perangkingan dari blog kita. Perlu anda ketahui jika semakin sedikit nilai yang kita dapat semakin bagus ranking dari blog anda. ranking ini dinilai dari para pengunjung yang unique alexa toolbar.Alexa mengukur letak dimana popularitas web kita ini berada.

disini aku tidak banyak menjelaskan apa yang dinamakan Alexa yang jelas yang dimaksud dari Alexa udah sedikit aku singgung dialenia yang pertama tadi.

Nah sekarang bagaimana agar Web kita bisa populer didunia maya dan diberi ranking oleh Alexa. Pertama yang jelas anda musti Register dulu di Alexa.com dan ikuti semua aturan-aturan yang nanti membawa kita bisa masuk dan punya akun Alexa, mengapa hal ini musti kita lakukan kita tahu sebuah pribahasa bagi orang-orang Indonesia yang tak asing lagi yaitu "tak kenal maka tak sayang" ya sepeerti itulah jika kita tak kenal Alexa maka Alexa juga tidak akan tahu letak popularitas Web kita.

keberadaan traffic rank web kita sangatlah penting. dan inilah informasi membuat kita tetap semangat untuk selancar didunia maya. dan juga disinilah kita akan semakin tahu informasi-informasi yang berkaitan dengan popularitas Web kita

abanyak artikel-artikel yang menerangkn bagaimana agar traffic Alexa kita semakin sedikit dan disitulah kberadaan popularitas Web kita

para pembaca bisa masuk ke-->>
Alexa.com
Alexa widged
Alexa toolbar




DASAR PEMIKIRAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING


Model pembelajaran cooperative learning (MPCL) beranjak dari dasar pemikiran "getting better together", yang menekankan pada pemberian kesempatan belajar yang lebih luas dan suasana yang kondusif kepada siswa untuk memperoleh, dan mengembangkan pengetahuan, sikap, nilai, serta keterampilan-keterampilan sosial yang bermanfaat bagi kehidupannya di masyarakat. Melalui MPCL, siswa bukan hanya belajar dan menerima apa yang disajikan oleh guru dalam PBM, melainkan bisa juga belajar dari siswa lainnya, dan sekaligus mempunyai kesempatan untuk membelajarkan siswa yang lain.

Proses pembelajaran dengan MPCL ini mampu merangsang dan menggugah potensi siswa secara optimal dalam suasana belajar pada kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 2 sampai 6 orang siswa (Stahl, 1994). Pada saat siswa belajar dalam kelompok akan berkembang suasana belajar yang terbuka dalam dimensi kesejawatan, karena pada saat itu akan terjadi proses belajar kolaboratif dalam hubungan pribadi yang saling membutuhkan. Pada saat itu juga siswa yang belajar dalam kelompok kecil akan tumbuh dan berkembang pola belajar tutor sebaya (peer group) dan belajar secara bekerjasama (cooperative).

Pada MPCL, guru bukan lagi berperan sebagai satu-satunya nara sumber dalam PBM, tetapi berperan sebagai mediator, stabilisator, dan manajer pembelajaran. Iklim belajar yang berlangsung dalam suasana keterbukaan dan demokratis akan memberikan kesempatan yang optimal bagi siswa untuk memperoleh informasi yang lebih banyak mengenai materi yang dibelajarkan dan sekaligus melatih sikap dan keterampilan sosialnya sebagai bekal dalam kehidupannya di masyarakat, sehingga perolehan dan hasil belajar siswa akan semakin meningkat.

IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PENDIDIKAN IPS DI TINGKAT PERSEKOLAHAN


Iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar (Wahab, 1986), demikian pula kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran.

Berdasarkan analisis konseptual dam kondisi pendidikan IPS di tingkat persekolahan (Hasan, 1988), ternyata masih banyak guru yang belum memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam memilih, serta menggunakan berbagai metode pembelajaran yang mampu mengembangkan iklim pembelajaran yang kondusif bagi siswa untuk belajar, dan banyak diantara guru yang tidak memiliki kurikulum tertulis yang merupakan pedoman dasar dalam pemilihan metode pembelajaran. Disamping itu, tidak sedikit siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran dikarenakan metode pembelajaran yang dipilih dan digunakan oleh guru dirasakan kurang tepat. Dengan demikian proses belajar-mengajar (PBM) akan berlangsung secara kaku, sehingga kurang mendukung pengembangan pengetahuan, sikap, moral, dan keterampilan siswa.

Pemilihan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan potensi siswa merupakan kemampuan dan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru (Djahiri, 1992). Hal ini didasari oleh asumsi, bahwa ketepatan guru dalam memilih model dan metode pembelajaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan dan hasil belajar siswa, karena model dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru berpengaruh terhadap kualitas PBM yang dilakukannya.

Kondisi PBM di tingkat persekolahan dewasa ini masih diwarnai oleh penekanan pada aspek pengetahuan dan masih sedikit yang mengacu pada pelibatan siswa dalam proses pembelajaran itu sendiri. Sementara itu, Al Muchtar (1991) dalam penelitiannya menemukan, bahwa proses pembelajaran pendidikan IPS tidak merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dalam PBM. Disamping itu, PBM IPS yang dilakukan oleh guru belum mampu menumbuhkan budaya belajar di kalangan siswa. Pada gilirannya, akan berpengaruh secara signifikan terhadap perolehan dan hasil belajar siswa.

Atas dasar problematika di atas, maka isu yang sering mencuat diekspose media massa, baik media cetak maupun elektronik, tentang rendahnya mutu pendidikan kita dewasa ini, secara kualitatif patut diduga karena model pembelajaran yang dianut oleh guru didasarkan atas asumsi tersembunyi, bahwa pendidikan IPS adalah suatu pengetahuan yang bisa dipindahkan secara utuh dari pikiran guru ke pikiran siswa-ibarat memindahkan isi sebuah teko ke segelas cangkir.

Dari sini, mungkin guru sudah merasa mengajar dengan baik, tetapi siswanya tidak belajar!, sehingga terjadi miskonsepsi antara pemahaman guru dalam mengajar dengan target dan misi dari pendidikan IPS sebagai mata pelajaran yang mengacu pada pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa sebagai bekal dalam menjalani kehidupan bermasyarakat (Somantri, 2001). Kondisi ini didukung oleh kenyataan yang ada di lapangan, bahwa aspek metodologis dan pendekatan ekspositorik sangat menguasai seluruh PBM. Maka dari itu, pendidikan IPS belum mampu menumbuhkan iklim yang menantang siswa untuk belajar dan tidak mendukung produktivitas serta pengembangan berpikir peserta didik.

Sehubungan dengan itu, maka upaya peningkatan kualitas PBM dalam pendidikan IPS merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk dilakukan. Salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk dapat menjembatani keresahan tersebut adalah model pembelajaran cooperative learning.

Sunday 18 April 2010

METODE-METODE YANG DITERAPKAN NABI MUHAMMAD SAW DALAM BERMASYARAKAT

Dalam masyarakat, Nabi SAW menggunakan metode pendidikan akhlak sebagai berikut :
1. Metode Dialog
Terhadap tetangga. Rasulullah SAW dalam berinteraksi dengan tetangga dan masyarakat menggunakan metode dialog, hal ini dapat terlihat dalam sabda Rasulullah SAW :

Diriwayakan dari abu musa ra. Sesungguhnya dia telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: tidaklah kamu sekalian termasuk beriman sebelum kamu saling menyayangi. Beliau menjawab, yang dimaksudkan bukalah berkasih-kasihan hanya dengan salah seorang di antara kawan-kawan saja, tetapi berkasih sayanglah kepada umum (HR. Abu Daud )
Diriwayatkan dari Anas ra. Ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, dami dzat yang dirku berada dalam kekuasaan-Nya, Sesungguhnya Allah tidak akan menurunkan belas kasih-Nya kecuali kepada orang yang berhati belas kasih. Para sahabat berkata, Ya Rasulullah, kami sudah berbelas kasih. Beliau menjawab, bukanlah berbelas kasih itu kapada diri dan isteri (keluarga) secara khusus, tetapi yang kumaksudkan adalah berbelas kasih kepada semua kaum muslimin.

Rasulullah SAW bersabda :

Tamim addari ra mengatakan, rasulullah SAW bersabda : inti agama itu ialah nasihat (disabdakan 3 kali). Kami bertanya, untuk siapa nasihat itu ya Rasulullah? Untuk mengenalkan manusia kepada Allah dan kepada Nabi utusan dan sebagai kewajiban pemimpin kaum muslimin dan umumnya mereka (HR. muslim)

Dari Abu Hurairah ra beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda, kewajiban orang muslim terhadap muslim yang lain itu ada enam yaitu apabila engkau bertemu dia maka salamlahkepadanya; apabila dia mengundangmu maka penuhilah undangannya apabila dia meminta nasihatmu nasihatilah dia; apabila dia bersin lalu dia memuji Allah maka do’akanlah dia; apabila dia sakit maka jenguklah dia; dan apabila dia mati maka antarkan jenazahnya (HR.Muslim)

Dari kutipan hadits diatas dapat diketahui bahwa nabi SAW menggunakan metode dialog di dalam mengajarkan materi pendidikan akhlak.

2. Metode Nasihat
Anas ibn Malik ra menceritakan bahwa ada tiga orang yang mendatangi rumah-rumah isteri Nabi SAW untuk menanyakan perihal ibadah beliau. Maka ketika diberitahukan tentang ibadah Nabi, seolah-olah ibadah yang mereka kerjakan sedikit sekali.mereka berkata, bagaimana kami bila dibandingkan dengan Nabi Saw. yang telah diampuni dosa yang telah lalu dan yang akan datang!” salah seorang diantara mereka berkata, ”saya akan shalat sepanjang malam.”yang lain berkata, ”saya akan puasa sepanjang masa dan tidak pernah berbuka.” sedangkan yang terakhir berkata, ” saya akan menjauhi perempuan dan tidak akan menikah selamanya.” kamudian Rasulullah SAW. datang dan bertanya, ” apakah kalian orang yang mengatakan demikian dan demikian. Demi Allah saya adalah orang yang paling takut dan paling bertaqwa kepada Allah, namun saya puasa dan berbuka, shalat dan tidur, serta menikah. Barang siapa yang tidak suka dengan sunnahku, bukanlah ia termasuk golonganku.
Sulaiman al-Taimiyy menceritakan dari Anas bahwa dua orang lelaki bersin di samping Nabi Saw. salah seorang mngucap doa sedangkan yang lain tidak. Anas berkata, ” Ya Rasulullah, dua orang bersin, anda mendoakan salah seorang dari keduanya, dan tidak mendoakan yang lain. ” Rasul saw. berkata, ” sesungguhnya orang ini memuji kepada Allah, dan yang ini tidak.”
Hadist lain menceritakan bahwa kildah ibn al-hanbal ra. Datang menemui Rasul Saw. dia masuk ke rumah Rasul tanpa mengucapkan salam (al-salam ’alaikum). Melihat sikap kildah tersebut Rasul SAW. berkata, ”kembalilah dan ucapkan salam (al-salam’alaikum), apakah saya diperkenankan masuk?”

Dari beberapa hadits diatas dapat diketahui bahwa Nabi Saw. dalam mengerjakan materi akhlak menggunakan metode nasihat dalam berbagai variasi bentuknya. Nasihat yang tercermin dalam hadits pertama berbentuk sindiran halus. Secara psikologis, nasihat dengan melalui sindiran halus terhadap sesuatu yang penting atau sesuatu yang harus diperbaiki secepatnya akan lebih mengenah sasaran. Melalui sindiran halus, maka orang yang melakukan suatu perbuatan yang salah tidak akan merasa tersinggung apalagi merasa keberatan untuk meninggalkan kesalahan itu. Seorang pendidik atau pengajar yang baik akan selalllu menggunakan cara yang terbaik dalam memberikan nasihatnya. Sindiran halus merupakan salah satu bentuk nasihat yang tepat dan efektif, sebab dengan cara itu kesalahan seseorang dapat dikoreksi tanpa harus menjatuhkan mental orang yang bersangkutan di hadapan orang lain.
Sementara itu, dalam hadits kedua dan ketiga masing-masing menjelaskan bahwa Nabi Saw. menggunakan metode nasihat dengan disertai alasan (hujjah) yang kuat dan metode teguran langsung. Didalam contoh hadits diatas Nabi Saw. memberikan alasan beliau mendoakan salah seorang diantara dua orang yang bersin di samping beliau dan tidak mendoakan yang lainnya. Dari hadits ketiga dapat dpahami bahwa Nabi Saw. menggunakan metode nasihat dalam bentuk teguran langsung. Nabi Saw. menegur langsung kepada kildah ketika diketahui bahwa dia masuk untuk menemui beliau tanpa mengucap salam sebelumnya. Nasihat dalam bentuk apapun tidak saja harus disampaikan dengan cara yang paling baik dari seorang pendidik kepada anak didiknya. Akan tetapi, nasihat juga dibutuhkan diantara sesama anak didik dan disampaikan dengan cara sebaik-baiknya. Bagi seorang pendidik, nasihat yang diberikan itu jangan sampai mempertajam timbulnya perbedaan pendapat dan sikap anarki, apalagi sikap permusuhan diantara anak-anak didiknya, sebagaimana dijelaskan oleh Syekh al-Zarnuji dalam kitab ta’lim-nya.

3. Metode Peragaan
Pendidik akhlak juga diajarkan oleh Muhammad Saw. dengan menggunakan media peraga sebagaimana lazimnya media yang dipergunakan oleh seorang pendidik sekarang, meskipun dalam bentuknya yang sangat sederhana. Media peraga digunakan oleh Nabi Saw. untuk membantu pemahaman suatu konsep tertentu atau untuk mempertegas sesuatu yang konkret (indrawi). Untuk dapat dipahami dengan baik pada point ini, perhatikan kutipan dua hadits berikut ini.
Ibnu Mas’ud menceritakan bahwa Nabi Saw. membuat gambar berupa garis segi empat. Beliau juga menggambar garis-garis kecil yang terletak disamping garis tengah. Kemudian beliau SAW . bersabda, ” ini adalah manusia, dan ini adalah ajal yang mellingkupinya. Ini, garis yang menuju keluar, adalah cita-citanya.sedangkan garis-garis kecil ini adalah hambatan-hambatan yang menghadangnya. Bila ia lepas dari hambatan ini, ia akan dihadang oleh ini, dan bila ia lepas dari hambatan ini, ia akan dihadang oleh ini.”
Sufyan ibn Abdillah ra. Bertanya kepada Rasul Saw, ” Wahai Rasulullah beritakanlah kepadaku sesuatu hal yang dapat saya perangi. ” Rasul Saw. menjawab, ” Katakanlah Tuhankuk adalah Allah, Kemudian istiqamahlah (konsekuenlah).” Kemudian Sufyan bertanya lagi, ” Ya Rasulullah apa yang paling kamu takutkan dari saya?” Rasul Saw. lalu memegang lidahnya sendiri sambil bersabda, ” ini.”
Hadits pertama mengandung pelajarang mengenai tidak baiknya seseorang memiliki panjang angan-angan (tul al-amal) sehingga mengakibatkan hilangnya rasa syukur atas nikmat-nikmat Allah, padahal kematian senantiasa mengintai dirinya. Sedangkan hadits kedua menjelaskan tentang perintah menjaga lidah dan bahaya yang ditimbulkan akibat tidak mau menjaganya. Dua macam akhlak tersebut diajarkan Nabi Saw. kepada umatnya dengan menggunakan metode peragaan untuk menjelaskan konsep hidup manusia kaitannya dengan cita-citanya, dan mempertegas sesuatu yang konkret yaitu lidah dan bahaya yang ditimbulkannya apabila tidak dijaga.

4. Metode Keteladanan
Disamping beberapa metode pendidikan Nabi Saw dalam bidang akhlak seperti telah dijelaskan diatas, terdapat metode lain yang justru paling mendominasi pendidikan akhlak yang disampaikan oleh Nabi Saw. yaitu metode keteladanan (contoh). Diskusi mengenai keteladanan Nabi Saw. dalam mendidik umatnya disegala bidang kehidupan hampir merupakan tema utama ketika membahas tentang sistem pendidikan Nabi Saw. di dalam kajian inipun telah banyak dikupas mengenai masalah keteladanan Nabi Saw. untuk melengkapi pembahasan mengenai metode keteladanan Nabi Saw. dalam mengajarkan akhlak akan disampaikan salah satu contoh akhlak beliau dalam mendidik umatnya berupa sikap tawakal kepada Allah.
Jabir ibn ’Abdillah menceritahkan bahwa ketika Rasul Saw. sedang beristrirahat dibawah pohon dalam sebuah peperangan, tiba-tiba seorang laki-laki mendatangi beliau. Pada saat itu beliau sedang tidur. Laki-laki itu mengambil pedang Nabi sehingga beliau terbangun, dan laki-laki itu dengan pedang terhunus di tangannya berdiri tepat diatas kepala Nabi Saw. kemudian laki-laki itu bertanya kepada Nabi, ” siapa yang dapat mencegahmua sekarang?” Nabi menjawab, ”Allah.” lalu laki-laki itu bertanya untuk yang kedua kalinya, ” siapa yang dapat mencegahmu?” Nabi menjawab, ”Allah.” mendengar jawaban Nabi, laki-laki itu mengembalikan pedang yang ada di tangannya sambil bersimpuh di hadapan Nabi Saw. kemudian Nabi membiarkan laki-laki itu pergi berlallu.
Bagaimana Nabi Saw. memberikan pelajaran kepada umatnya mengenai sikap tawakkal kepada Allah melalui contoh perbuatan nyata. Dalam kondisi dimana nyawanya terancam, beliau tetap konsisten berpegang teguh kepada pertolongan Allah. Akan tetapi ktika Allah menolongnya, beliau tidak bersikap zalim kepada orang yang telah mengancam keselamatan dirinya. Bahkan orang itu disuruhnya pergi tanpa dicederai sedikit pun oleh Nabi Saw.
Perlu dikemukahkan bahwa Nabi Saw. juga menggunakan metode perumpamaan (imsal) di. Dalam mengajarkan materi akhlak. Untuk dapat dipahami dengan baik pada point ini, perhatikan hadits berikut ini.
Imam al-Tabrani meriwayatkan bahwa Nabi Saw. bersabda, ” perumpamaan seorang pakar ilmu calim yang mengajarkan kebaikan kepada manusia tetapi ia melupakan dirinya sendiri, seperti sebuah lampu yang memberi cahaya kepada manusia, tetapi dirinya sendiri terbakar.


cara keren difacebook dengan aplikasi clipgenerator


Seberapa banyak pengetahuan anda tentang facebook, apabila anda sudah lama mempunyai account facebook apakah anda telah mengenal aplikasi yang dinamakan clipgenerator, dan jika belum maka anda kudu tau aplikasi ini. yang mana aplikasi ini yang dibutuhkan agar kita bisa keren gaul dan maching difacebook.

clipgenerator 2.0 on facebook ini sangatlah layak disini kita telah dimanjakan akan sebuah fasilitas yang sangat keren pokoknya kagak rugi deh jika anda menggunakan aplikasi ini di facebook. dan juga kalau anda-anda yang belum menggunakan fasilitas ini buruan dech pakai clipgenerator versi 2.0 ini dijamin bakal keren account facebook kamu semua

bila anda semua ingin menggunakan aplikasi ini difacebook masuk aja ke apps.facebook.com/clipgenerator_two/ ikuti aja apa yang nanti menjadi aturan main aplikasi ini yang jelas keren dech facebook kamu dengan clipgenerator versi 2.0 ini

Saturday 17 April 2010

DEFINISI-DEFINISI PENELITIAN BESERTA KARAKTERISTIK PENELITIAN (METODE PENELITIAN)


Penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. perhatiian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang menimbulkan suatu pertanyaan atau masalah (indriantoro & supomo,1996:16)
penelitian adalah investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu antarfenomena(kerlinger, 1986:17-18)
suatu proses sistematis dan oyektif yang meliputi pengumpulan, analisis data untuk membantu pengambilan keputusan (zikmund,2000:5)
Penelitian adalah suatu investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis mengenai suatu fenomena yang menjadi perhatian pengambilan keputusan manajerial(Davis & cosenza, 1993:9)
dari sini dapat disimpulkan bahwasannya penelitian merupakan suatu proses pengumpulan, pencatatan, dan analisis data yang sistematis untuk pengambilan kesimpulan yang objektif dalam rangka membantu dalam pembuatan keputusan-keputusan.


karakteristik penelitian
a) penelitian bersifat kritis dimana dari penelitian ini dapat mendorong suatu kepastian dan proses penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan metode untuk mendapatkan solusi
b) karakteristik penelitian bersifat logis yang mana dari penelitian merujuk pada metode dari argumentasi ilmiah.yaitu kesimpulan yang rasional diturunkan dari bukti yang ada.
c)karakteristik penelitian bersifat obyektif adalah dengan maksud mendapatkan suatu hasil yang diperoleh dari penelitian ini oleh para ilmuan yang lain akan sama apabila studi yang sama dilakukan pada kondisi yang sama. hasil penelitian dikatakan sama apabila dapat dibuktikan kebenarannya.
d) karakteristik penelitian yang bersifat konseptual dan teoritis adalah dengan maksud bahwasannya ilmu pengetahuan mengandung arti pengembangan suatu struktur konsep dan teoritis untuk menuntun dan mengarahkan upaya penelitian.
e) karakteristik penelitian yang bersifat Empiris adalah dimaksudkan agar hasil yang didapat nantinya dan pada prinsipnya berstandar pada realita yang ada.

NB:diberikan dalam mata kuliah metodologi penelitian (STMIK-BU)oleh Bpk Zulfikar

KUMPULAN KETERANGAN HADIST NABI BETAPA PENTINGNYA SEBUAH PENDIDIKAN(Alim) dan derajat Alim

kita tahu bahwasannya kita adalah seseorang yang beragama, dari sinilah kita memahami bahwasannya dengan beragama itu kita akan dapa t memahami segala apa yang harus dilakukan oleh seorang yang selayaknya beragama adalah belajar aturan-aturan yang ada di Agama kita. khususnya para umat islam selayaknya harus belajar dan menjadi sebuah umat yang berpendidkan.

betapa pentingnya sebuah pendidikan itu selayaknya kita para umat Islam memahami hadist-hadist yang menerangkan pentingnya sebuah pendidikan bagi kita semua dalam mengarungi bahtera kehidupan kita baik yang sekarang ini atau masa depan kita nanti.

pada postingan kali ini aku tidak menuliskan hadist-hadistnya akan tetapi arti dari hadist yang menerangkan pentingnya sebuah pendidikn bagi kita umat Muhammad SAW.

  1. Hadist Tingginya Derajat orang Alim
hadist ini diriwayatkan oleh Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.
menerangkan betapa tinggi derajatnya orang alim itu sehingga segala apa yang ada dilangit dan bumi ikut serta sibuk memohonkan ampunan untuknya.
"Memohonkan ampun kepada orang alim, sesuatu yang ada dilangit dan bumi."(HR. Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.)

2. Hadist tingginya derajat orang Alim sebagai pewaris Para Nabi
hadist ini diriwayatkan oleh Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.
menerangkan ketinggian derajat orang alim, karena tidak ada derajat hamba Allah yang melebihi derajat para Nabi, dan tidak ada kemuliaan Pewaris para Nabi.
"Orang-Orang Alim adalah Pewaris para Nabi"(HR. Abu Daud, at-Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Hadist Abi Darda ra.)

3. Hadist tingginya derajat orang Alim mendekati derajat para Nabi
hadist ini diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dari hadist Ibnu Abbas
menerangkan bahwa ketinggian derajat orang Alim mendekati derajat Para Nabi
"Mannusia yang paling dekat dari derajat kenabi-an, adalah orang-orang yang berilmu dan berjihat. Adapun orang -orang yang ahli ilmu, itu dikarenakan mereka memberi petunjuk kepada masyarakat atas dasar Agama yang dibawah para rosul; sedangkan orang-orang yang berjihat, it dikarenakan mereka berjihat dengan pedang atas dasar agama yang dibawah para rosul." (HR. Abu Nu'aim dari hadist Ibnu Abbas ra.)

4. Hadist tingginya derajat para Alim lebih tinggi dari derajat para Syuhada'
hadist ini diriwayatkan oleh Abdul Barr dari hadist abu Darda ra.
" akan ditimbang dihari kiamat tinta ulama' dan darah para Syuhada'."(HR. Abdul Barr dari hadist abu Darda ra.)
Syaikh Hasan al-Basri Ra memberikan penjelasan bahwa :"setelah tinta ulama' ditimbang dengan darah para syuhada' ternyata tinta ulama'lah yang lebih berat."

dari sinilah dapat kami simpulkan betapa pentingnya sebuah pendidikan bagi kehidupan kita sebagai penerang kehidupan yang berlandaskan dengan agama serta berjuang seperti syuhada' sampai tetess darah akhir dengan berlandaskan Agama

Thursday 15 April 2010

sistem interkoneksi atau struktur interkoneksi KOMPUTER ( BUS SYSTEM ) pertemuan ke


pada postingan yang lama telah aku singgung SEPERTI APAKAH GAMBARAN SISTEM INTERKONEKSI DAN CARA PERPINDAHAN DATA KOMPUTER ( BUS SYSTEM ) akan tetapi kurang lengkap pada postingan kali ini aku memberikan detail dari mata kuliah yang aku dapat
Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih komponen-komponen komputer.

Sebuah bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer disebut sebagai Bus System. Biasanya sebuah Bus System terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah.

Bus System dapat dibedakan atas:
1. Data Bus ( Saluran Data )
2. Address Bus ( Saluran Alamat )
3. Control Bus ( Saluran Kendali )

2.3. Elemen-Elemen Rancangan Bus

Rancangan suatu bus dapat dibedakan atau diklasifikasikan oleh elemen-elemen sebagai berikut :
1. Jenis bus
2. Metode Arbitrasi
3. Timing
4. Lebar Bus
5. Jenis Transfer Data
2.3.1. Jenis Bus

Jenis bus dapat dibedakan atas :
1. Dedicated
Merupakan metode di mana setiap bus ( saluran ) secara
permanen diberi fungsi atau subset fisik komponen komputer.
2. Time Multiplexed
Merupakan metode penggunaan bus yang sama untuk berbagai
keperluan,sehingga menghemat ruang dan biaya.
2.3.2. Metode Arbitrasi

Metode arbitrasi adalah metode pengaturan dari penggunaan bus, dan dapat dibedakan atas :
1. Tersentralisasi : menggunakan arbiter sebagai pengatur sentral
2. Terdistribusi : setiap bus memiliki access control logic
2.3.3. Timing

Timing berkaitan dengan cara terjadinya event yang diatur pada bus system, dan dapat dibedakan atas :
1. Synchronous
Terjadinya event pada bus ditentukan oleh clock ( pewaktu )
2. Asynchronous
Terjadinya sebuah event pada bus mengikuti dan tergantung
pada event sebelumnya

2.3.4. Lebar Bus

Semakin lebar bus data, semakin besar bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
2.3.5. Jenis Transfer Data

Transfer data yang menggunakan bus di antaranya adalah :
1. Operasi Read
2. Operasi Write
3. Operasi Read Modify Write
4. Operasi Read After Write
5. Operasi Block
2.4. PCI

PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect dan merupakan bus yang tidak tergantung pada prosesor, berbandwith tinggi serta dapat berfungsi sebagai mezzanine atau bus peripheral.
PCI memberikan sistem yang lebih baik bagi subsistem I/O berkecepatan tinggi , seperti : graphic display adapter, network interface controller, dan disc controller
PCI dirancang untuk mendukung bermacam-macam konfigurasi berbasiskan mikroprosesor, baik sistem mikroprosesor tunggal ataupun sistem mikroprosesor jamak. Karena itu PCI memanfaatkan timing synchronous dan pola arbitrasi tersentralisasi untuk memberikan sejumlah fungsi.
2.5. Future Bus +

Future Bus + adalah standar bus asinkron berkinerja tinggi yang dibuat oleh IEEE dan didasarkan atas:
1. Tidak tergantung pada arsitektur, prosesor dan teknologi
tertentu
2. Memiliki protokol transfer asinkron dasar
3. Menyediakan dukungan bagi sistem-sistem yang fault tolerant
dan memiliki reliabilitas yang tinggi
4. Menawarkan dukungan langsung terhadap memori berbasis
cache yang dapat digunakan bersama
5. Memberikan definisi transportasi pesan yang kompetibel

CARA MENANAMKAN PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DAN TAUHID PADA ANAK


dari judul diatas sangat menarik mengapa perlu kita tanamkan pendidikan Aqidah Akhlak pada anak-anak kita .
cara Penanaman aqidah pada jiwa anak sangatlah di prioritaskan agar terbentuklah jiwa dan sikap hidup manusia yang hanya percaya dan yakin pada Allah, serta menjadikannya keindahan pokok atau pedoman hidup dalam tingkah tanduk manusia hingga mereka tak kan kehilangan arah. Sebagaimana Lukman Hakim menanamkan pendidikan aqidah sebagai urutan pertama terhadap buah hatinya.
hal inilah yang sangat diperlukan yang mana cara-cara penanaman pendidikan aqidah akhlak sangat penting bagi genrasi penerus bangsa kita ini
Setelah aqidah itu tertanam di jiwa anak, maka selanjutnya adalh menanamkan ahklak sebagai salah satu bentuk realisasi dari aqidah diatas. Setiap manusia akan berprilaku sesuai dengan apa yang diyakininya sehingga dapat disimpulkan bentuk pendidikan akhlak mencakup dasar-dasar moral serta keutamaan perangai dan inipun sangat dianjurkan penanamannya pada anak sejak masa analisa hingga ia menjadi mukallaf.

Keberhasilan pendidikan akhlaq itu ditentukan ada tidaknya pengawasan terus menerus dari pendidik. Dan akhlaq ini, belum dianggap cukup hanya dengan cerita / pidato saja, namun akan lebih baik jika disertai dengan teladan-teladan dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan pendidik. Satu yang tak boleh para pendidik lupa bahwa anak akan lebih sering mengimitasi segala gesak-gesik, sikap dan tingkah laku orang yang ada dihadapannya terutama orang tua yang saat itu menjadi Lembaga Pendidikan pertama bagi mereka.
Dengan demikian, pendidik harus bisa memiliki kualitas iman yang kokoh dan pemaaf karena dia akan menjadi figur bagi anak didiknya. Pendidik juga harus membiasakan dan melatih anak didiknya agar bertingkah laku yang baik, sopan, jujur, untuk kebenaran, menghormati guru dengan penuh ta’dzim serta menghormati kedua orang tuanya.
 Menanamkan Pendidikan Keagaman
Sebagai pencerminan dari keyakinan kita terhadap Allah, maka hendaknya setelah pendidik menanamkan jiwa aqidah dan akhlaq kepada anak, dilanjutkanlah pada bagaimana cara merealisasikannya, diantaranya adalah :

a. Sholat
sebelumnya hal ini perlu diketahui jika pendidikan tauhid juga perlu kita tanamkan pada diri dan anak kita yang mana hal ini yang akan menjadikan sebuah generasi penerus bangsa yang sangat kuat akan iman dan aqidahnya.
Kita tanamkan pada jiwa anak bahwa sholat adalah cerminan iman kita dan bahwa sholat adalah tiang agama yang menjadi suatu kewajiban secara global bagi umat muslim. Pengenaian ini bisa diawali dengan melakukan safari masjid atau mengajaknya untuk ikut sholat berjama’ah di masjid, hingga tertanam dalam hatinya sedikit demi sedikit rasa cinta pada Allah dan rasa ingin tahu lebih dalam tentang tujuan diperintahkannya sholat. Tak dapat dipungkiri pula bahwa sifat imitasi anak akan muncul dikala melihat orang tuanya sholat. Kita contohkan saja anak bisa jadi ikut-ikutan sujud kala orang tua (pendidik) sedang sujud. Ini adalah pertanda baik yang menandakan bahwa anak mulai berkembang, daya pikir anak dan pendidik (orang tua) lebih baik terus melanjutkan penanaman ini. Membelikan mukena lucu dan bagus dan mengenakannya pada anak juga merupakan salah satu bentuk dari bagus untuk terus ditanamkan.
 Mengenalkan مصحف القران
Pengenalan ini bisa dilakukan dengan memberitahukan bagaimana bentuk-bentuk huruf al-Qur’an, bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, atau dengan mengajaknya pergi ke TPQ. TPQ terdekat yang disana terdapat banyak teman sebayanya serta dilengkapi dengan metode pengajaran yang dapat menarik simpati anak-anak didik hingga mereka merasa betah dan nyaman.
Mengajarkannya melihat TV/VCD yang menampilkan anak-anak sebayanya belajar mengaji atau memperdengarkannya bagaimana cara belajar baca al-Qur’an dan baik dengan nyayian atau bpun yang lain, misalnya: lewat radio. Juga dapat sangat membantu terhadap pengenalan anak terhadap al-Qur’an.
 Menutup aurot
Memberi kesan pada anak bahwa dengan terbukanya aurot kita sedikt saja, kita merasa malu, risih, tak nyaman dsb. Hal ini bisa dilakukan dengan membiasakan mengenakan baju muslimah pada anak yang dilandasi dengan berbagai macam model yang semakin zaman semakin banyak model-model baru dan lucu sehingga anak semakin senang dengan apa yang di kenakan bahkan tak ingin melepasnya.
 Mengajarkan anak memakan yang halal dan meminta izin jika memang bukan miliknya.


MAKALAH PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

A.Pengertian Pendidikan Islam
Pendidikan Islam adalah upaya sadar yang dilakukan oleh mereka yang memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan, bimbingan, pengembangan serta pengarahan potensi yang dimiliki anak agar mereka dapat berfungsi dan berperan sebagaimana hakikat kejadiannya. (prof.Dr.H. Jalaluddin.2002,hal.2009).

B.Pendidikan Agama dalam Pendidikan Islam
Pendidikan agama bukanlah sekedar mengajarkan pengetahuan Agama dan melatih keterampilan anak dalam melaksanakan ibadah. Akan tetapi pendidikan Agama jauh lebih luas dari pada itu.
Diantara tujuannya adalah :

a.Untuk membentuk keppribadian anak, sesuai dengan ajaran agama.
Pembentukan atau pembinaan sikap, mental, dan akhlaq, jauh lebih penting dari pada hanya pandai menghafal dalil-dalil dan hukum-hukum agama, yang tidak diresapkan dan dihayatinya dalam hidup.
Pendidikan agama hendaknya dapat mewarnai kepribadian anak, sehingga agama itu, benar-benar menjadi bagian dari pribadi yang akan menjadi pengendali dalam kehidupan dikemudian hari.

b.Membentuk manusia seutuhnya
Peserta didik tidak hanya dibekali dengan pengetahuan agama atau mengembangkan intlek anak. Hanya dengan mengisi atau menyuburkan perasaan (sentiment) agama saja, akan tetapi ia menyangkut keseluruhan dari pribadi anak, mulai dari latihan-latihan amaliah sehari-hari yang sesuai dengan ajaran agama, baik yang menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, manusia dengan alam, serta manusia dengan dirinya sendiri. (prof. DR. Zakiah Darajat, 1970.


C.Pengaruh Pendidikan Terhadap Jiwa Keagamaan
Agama menyangkut kehidupan bathin manusia, begitu juga dengan pendidikan yang sangat berpengaruh dalam proses pembentukan pribadi anak didik seutuhnya. Oleh karena itu pengaruh pendidikan terhadap jiwa keagamaan sangatlah penting untuk diketahui guna untuk menanamkan rasa keagamaan pada seorang anak didik.
Diantara pengaruhnya adalah :

a.Pendidikan keluarga
Pendidikan keluarga merupakan pendidikan dasar bagi pembentukan jiwa keagamaan.
Menurut para pendidik, keluarga merupakan lapangan pendidikan yang pertama dan pendidiknya adalah kedua orang tua. Orang tua (Bapak/Ibu) adalah pendidik kodrati. Mereka pendidik bagi anak-anaknya secara kodrati ibu dan Bapak diberikan anugrah oleh Tuhan pencipta berupa naluri orang tua.
Karena naluri inilah, timbul rasa kasih sayang orang tua kepada anak-anak mereka, karena setiap bayi yang dilahirkan sudah memiliki potensi untuk beragama, namun bentuk keyakinan agama yang akan dianut anak sepenuhnya tergantung dari bimbingan, pemeliharaan dan pengaruh kedua orang tua mereka.

b.Pendidikan kelembagaan
Sejalan dengan fungsi dan perannya. Maka sekolah sebagai kelembagaan pendidikan adalah pelanjut dari pendidikan keluarga. Karena keterbatasan para orang tua untuk mendidik anak-anak mereka, maka mereka menyerahkannya kesekolah-sekolah.
Pendidikan agama dan lembaga kependidikan bagaimanapun juga akan memberi pengaruh bagi pembentukan jiwa keagamaan pada anak. Namun demikian besar kecilnya pengaruh dimaksud sangat tergantung berbagai faktor yang dapat memotivasi anak untuk memahami nilai-nilai agama. Sebab pendidikan agama lebih dititik beratkan pada bagaimana membentuk kerjasama yang selaras dengan tuntutan agama.
c.pendidikan di masyarakat

masyarakat merupakan lapangan pendidikan ketiga. Keserasian antara ketigaketiga aspek lapangan pendidikan diatas itu akan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak termasuk dalam membentuk jiwa keagamaan mereka..
seperti diketahui bahwa dalam keadaan yang ideal, pertumbuhan seseorang menjadi sosok yang memiliki kepribadian teritegrasi dalam beberapa aspek : mencakup fisik, psikis, moral dan spritual (M.Buchari : 155) untuk mencapai itu perlu pola asuh yang serasih.


Wednesday 14 April 2010

PRAKTIK PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW DALAM MASYARAKAT


Muhammad memiliki berbagai sifat kebajikan yang paripurna, ciri-ciri kesempurnaan, kebersihan, hikmah, rendah hati, berbudi, hubungan kekeluargaannya baik, pemurah, adil, hidup sederhana, taqwa, berani, padat ilmu, fasih dalam berbicara, ilmu balaghanya tinggi, sastranya mengagumkan, rahim kepada si lemah, kasih kepada si yatim dan orang miskin, jujur dan sifat-sifat luhur lainnya yang tak terbilang banyaknya.Muhammad SAW mendapat penghargaan dan pemgorbanan yang luar biasa dari para utusan yang menemuinya, suatu yang belum pernah di terima oleh seorangpun baik sebelum maupun sesudahnya. Semua itu ia peroleh lantran kebaikan tegur sapanya, lemah lembut perangainya, kasih saying pada semua orang yang berada di sekitarnya, bersikab adil terhadap semua rakyatnnya. . ia persamakan yang rendah maupun yang tinggi, yang kuat dan yang lemah, itulah sekelumit keluhuran akhlaknya yang kiranya belum pernah kita temukan pada orang-orang yang sedang memegang tampuk pemerintahan dan kekuasaan yang pada umumnya di padati dengan berbagai rasa kesombongan, ingin di puji, suka menonjolkan diri dan curang.
Kondisi masyarakat yang sering menghalangi terwujudnya tujuan pendidikan secara optimal antara lain: mandeknya dinamika anak dan remaja, pergaulan negative dengan kawan nakal, sajian hiburan yang berupa film-film sadis dan porno, dan tersebarnya pengangguran di masyarakat. Tempat-tempat bermain anak-anak dan remaja, serta kegiatan-kegiata yang mendukung pengembangan potensi mereka harus mendapat perhatian yang cukup. Fasilitas semacam ini jika tidak mereka dapatkan, maka akan ada kecenderungan bagi mereka untuk mencari-cari sendiri tempat dan kegiatan yang mereka sukai.

Upaya mencari-cari sendiri tersebut cenderung menjurus kepada kejahatan dan perbuatan menyimpang, lebih-lebih jika mereka kemudian berkawan dengan anak-anak nakal dan sering nonton film-film sadis dan porno. Warga masyarakat yang menganggur juga sangat rentan terjangkit penyakit sosial seperti mencuri, merampas, mereampok dan sebagainya. Baik di karenakan oleh usaha pemenuhan kebutuhan pokok keluarga maupun karena mereka merasa tidak lagi diterima sebagai warga masyarakat yang layak. Akhlak masyarakat yang rusak semacam ini akan sangat mudah mempengarui bahkan secara tidak langsung mendidik anak-anak yang ada di sekitarnya, lebih-lebih jika mereka tidak memiliki kegiatan yang terarah dan positif.
Rasulullah SAW, diutus untuk menyelamatkan bangsa-bangsa di dunia ini dari lembah kajahilan. Dalam waktu relatif singkat beliau berhasil melenyapkan kerusakan-kerusakan di bidang agama, akhlak dan kemasyarakatan di Jazirah Arab lalu di tukarnya dengan tauhid yang ideal, menggantikan berbagai bentuk khurafat dan penyembahan berhala yang hinadina. Tiba-tiba Muhammad SAW, menduduki tempat tertinggi dalam hati umat manusia, karena dia telah menciptakan suatu karya perbaikan besar dalam sejarah. Karya itulah yang mengangkat tinggi derajat dan martabatnya di mata orang-orang yang berhati jujur dan berpikir sehat.


Nabi ataupun Rasul terdahulu telah mengajarkan cara hidup rukun diantara umat manusia, namun ajaran Muhammad SAW, tidak hanya berhenti sampai di situ, lebih jauh lagi ia telah mengajarkan bagaimana berbagai keluarga yang berbeda dan bertentangan dapat hidup rukun dan damai, bergotong royang serta tolong menolong satu dengan yang lain. Dia telah mengajarkan kepada mereka ilmu dan teknik menyebarkan kerukunan antar berbagai penganut agama yang berbeda dan bahkan yang bertentangan sekalipun. Meskipun dia tergolong manusia terbesar berdasarkan pengakuan semua pihak, baik kawan maupun lawan, namun dia tidak melihat dirinya lebih dari salah seorang anggota biasa dalam masyarakat dunia.